Papua Barat Provinsi Terakhir Daftar Popnas

Papua Barat Provinsi Terakhir Daftar Popnas

Ilustrasi Foto - Net

Bandung - Papua Barat menjadi provinsi terakhir mendaftar ke Panitia Besar Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2015 di Jabar.

"Papua Barat mendaftar pada Senin (20/7), sekaligus provinsi terakhir yang mendaftar. Sehingga dipastikan Popnas 2015 diikuti seluruh provinsi di Indonesia," kata Ketua I Ketua PB Popnas 2015 Nandang Saptari di Bandung, Rabu (22/7/2015).

Sebelumnya, kata Nantang tidak ada kabar dari Papua Barat terkait keiikutsertaanya pada Popnas yang digelar di Kota Bandung itu. Namun akhirnya semuanya terjawab setelah pendaftaran dari provinsi itu.

Menurut Nandang, Papua Barat baru melakukan pendaftaran namun belum diketahui kekuatan atlet yang akan diboyong ke Bandung.

Dengan kepesertaan komplit atau diikuti oleh seluruh provinsi, maka perhelatan olahraga pelajar tingkat nasional itu dipastikan berlangsung kompetitif dan bisa memetakan kekuatan olahraga pelajar di Indonesia.

"DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, serta tuan rumah Jawa Barat, kemungkinan akan menjadi provinsi dengan kekuatan atlet cukup banyak," katanya.

Popnas XIII/2016 di Jabar akan mempertandingkan 20 cabang olahrag dengan memperebutkan sebanyak 274 medali emas, 274 medali perak dan 396 medali perunggu.

"Memang tidak semua provinsi akan mengirim atletnya di 20 cabang, mereka kemungkinan akan kirim pada nomor-nomor yang berpeluang mendulang prestasi," katanya.

Selain itu untuk beberapa cabang olahraga juga dilakukan babak kualifikasi di tingkat wilayah.

Tuan rumah Jawa Barat, menyatakan kesiapannya menggelar pertandingan dengan mempersiapkan tempat pertandingan yang refresentatif. Sebanyak 17 cabang olahraga dipertandingkan di Kota Bandung.

Tiga cabang olahraga lainnya dipertandingkan di Kabupaten Bandung yakni Panahan, angkat besi dan dayung. Panahan akan digelar di kawasan Stadion Si Jalak Harupat, angkat besi di Hotel Sultan Soreang serta dayung di Situ Cileunca Pangalengan.

"Venue pertandingan diupayakan berdekatan dengan hotel kontingen sehingga bisa efektif," kata Nandang Saftari menambahkan. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,