Wilayah Pesisir Kian Terancam atas Naiknya Permukaan Laut

Wilayah Pesisir Kian Terancam atas Naiknya Permukaan Laut

California - Permukaan laut secara global terus mengalami peningkatan secara signifikan hingga mencapai 6 meter atau sekitar 20 kaki. Berdasarkan keterangan para peneliti, hal tersebut terjadi setelah tiga juta tahun terakhir, di mana lapisan es kutub mulai mencair. 
 
"Sebuah penelitian telah menunjukkan, wilayah Greenland dan es Antartika mengambil kontribusi yang cukup signifikan terhadap kenaikan permukaan laut tersebut di atas tingkat rata-rata," kata Anderson Carlson, seorang ahli geologi Oregon State University Glasial dan Paleoklimatolog.
 
Seperti dilansir dari laman Science Daily, menurut peneliti tersebut permukaan laut yang meningkat karena adanya lapisan es yang mencair. Hal tersebut terjadi karena adanya peningkatan suhu alam yang meningkat panas. Suhu yang terjadi di Bumi, kata Anderson terus mengalami peningkatan sekitar 1 hingga 2 derajat Celcius. 
 
"Sementara itu, tingkat karbon dioksida atmosfer dewasa ini setara dengan sekitar tiga juta tahun yang lalu, ketika permukaan laut setidaknya enam meter lebih rendah karena lapisan es yang sangat berkurang,” katanya.  
 
Disebutkan, naiknya permukaan laut tersebut, diungkapkan Anderson merupakan seuatu ancaman bagi kota-kota di wilayah pesisir di seluruh dunia. Dengan meningkatnya pertumbuhan dan populasi penduduk serta peningkatan infrastruktur dalam kota, maka kenaikan permukaan laut adalah merupakan suatu ancaman bagi kehidupan.  
 
“Kenaikan permukaan laut secara global yang mencapai antara 10 sampai 20 kaki bisa menjadi bencana bagi ratusan juta orang, khususnsya bagi mereka yang tinggal di wilayah pesisir,” tambah Anderson. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,