Udang Coklat di Pantai Swedia Barat Terancam

Udang Coklat di Pantai Swedia Barat Terancam

Stockholm - Populasi udang coklat di lepas pantai Swedia Barat bermigrasi ke perairan yang lebih dingin agak ke utara sebab pemanasan global menghangatkan jabitat hewan itu saat ini, demikian hasil penelitian baru.

Udang tersebut, jenis yang biasa ditemukan di bagian selatan Laut Utara, dapat meninggalkan daerah itu sebab air menghangat pada masa depan, kata satu studi oleh Gothenburg University dengan yang dikutip oleh lembaga penyiaran publik Radio Swedia pada Rabu.

"Udang itu mungkin berjuang hidup di bagian selatan (laut itu)," kata Carl Andre, profesor arkeologi kelautan, kepada lembagai penyiaran tersebut.

Para peneliti mendapati hubungan antara kehadiran hewan laut itu dan temperatur air setelah mereka mengumpulkan DNA udang di beberapa bagian Atlantik Utara, demikian laporan Xinhua --yang dipantau, Kamis siang (23/7/2015).

Penelitian sebelumnya memperlihatkan temperatur laut yang naik akibat perubahan iklim dapat membuat spesies laut mencari lingkungan yang lebih dingin.

Udang coklat, spesies yang telah dikategorikan sebagai hampir terancam kepunahan oleh University of Agricultural Sciences di Swedia, juga dapat mulai merasakan perbedaan saat Laut Utara bagian hilir menghancat dan berubah jadi lebih asam.

NamuN Carl Andre menolak untuk mengesampingkan kemungkinan udang Laut Utara menyesuaikan diri dengan habitat baru. Dalam hal itu ia mengatakan perkembang-biakan mereka akan mengembangkan kolam gen yang lebih unik.

"Itu adalah masalah besar mengenai perubahan iklim laut: Apakah semua spesies akan bisa menyesuaikan diri dengan temperatur yang berubah dan kandungan garam dalam waktu 50 sampai 100 tahun," kata Andre. (AY)

.

Categories:Internasional,
Tags:ekonomi,