Iuran PNS untuk Tol Cileunyi- Tasikmalaya Tak Bijak

 Iuran PNS untuk Tol Cileunyi- Tasikmalaya Tak Bijak

Ilustrasi Foto - Net

Bandung - Anggota Komisi III DPRD Jawa Barat Sunatra menyatakan ide pembangunan jalan tol Cileunyi-Tasikmalaya menggunakan dana yang didapat dari iuran pegawai negeri sipil dari seluruh Indonesia merupakan sesuatu yang tidak bijaksana.

"Jangan sampai membebani PNS untuk iuran Rp100 ribu per bulan selama dua tahun dengan adanya skema 'crowd funding'," kata Sunatra, di Bandung, Kamis (23/7/2015).
Menurut dia, jika skema itu diterapkan berarti selama 24 bulan PNS akan dipotong gajinya.

"Wah ini ide tidak bijaksana, PNS harus iuran Rp2,4 juta untuk bangun tol ini," katanya.

Ia menuturkan, seharusnya dalam pembangunan sebuah infrastruktur tidak perlu melibatkan atau membebani PNS mengingat masih banyak cara untuk mencari uang untuk membangun tol itu.

"Contohnya bisa dari dana silpa APBD Jabar yang rata-rata tiap tahun Rp4,5 triliun atau mengintensifkan pajak kendaraan bermotor," katanya.

Menurut dia, dari silpa dua tahun anggaran saja bisa terkumpul Rp 9 triliun atau menyisihkan 10 persen dari PKB tiap tahun yang rata-rata Rp3,5 triliun, maka dalam dua tahun akan terkumpul Rp7 triliun.

Apabika mengambil dari silpa APBD atau 10 persen dari PKB yang langsung disisihkan tiap tahun, kata Sunatra, maka dalam dua tahun terkumpul dana Rp16 triliun, nilai yang melebihi perkiraan dana yang diperlukan Rp 14 triliun.

"Jadi dana itu belum ditambah dari APBN. Masa iya Presiden diam saja. Pasti istana membantu," katanya.

Dikatakan dia, pembangunan jalan tol tersebut memang sudah sangat mendesak karena tiap tahun warga dihadapkan pada kemacetan.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan membantah pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Tasikmalaya akan menggunakan skema "crowd funding".

"Tidak pakai sistem itu," kata Ahmad Heryawan usai menghadiri acara Silaturahim Halal Bihalal Idul Fitri Tingat Provinsi Jawa Barat, di Gedung Sate Bandung.

Menurut Aher, ketika menyebut soal itu, dia hanya menyontohkan bahwa salah satu skema pembangunan sebuah jalan tol bisa menggunakan "crowd funding". (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,