Petugas Masih Temukan Bus Tak Sesuai Aturan

Petugas Masih Temukan Bus Tak Sesuai Aturan

Bandung - Petugas tim pemeriksa kelayakan kendaraan pada Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, sering menemukan bus umum yang masuk ke Terminal Guntur tidak sesuai aturan untuk kelayakan beroperasi.

"Kami kerap menemukan armada bus yang tidak sesuai dengan aturan," kata Kepala Seksi Terminal Guntur, Dinas Perhubungan Kabupaten Garut Sofyan Hidayat kepada wartawan, Kamis (23/7/2015).

Ia menyebutkan, beberapa kasus ketidaklayakan bus angkutan Lebaran itu diantaranya kondisi ban gundul, kaca spion pecah, dan wiper tidak berfungsi.

Temuan itu, kata dia, langsung diberitahukan kepada perusahaan Otobus agar segera diperbaiki atau diganti khususnya untuk ban yang yang kondisinya sudah gundul.

"Kalau ban gundul wajib menggantinya, baru bisa berangkat, sementara untuk spion dan wiper, kami beri imbauan dan peringatan," katanya.

Terkait kendaraan umum angkutan Lebaran yang kondisi ketidaklayakannya fatal, kata dia, seperti rem tidak berfungsi belum ditemukan di Terminal Guntur.

"Sejauh ini belum ditemukan ketidaklayakan kendaraan dari sisi yang vital seperti rem atau mesin," katanya.

Seorang warga Garut Jalal, mengharapkan petugas lebih ketat memeriksa kondisi kelayakan kendaraan angkutan umum Lebaran khususnya bus.

Petugas, lanjut dia, harus memeriksa juga kondisi asap knalpot yang dikeluarkan kendaraan umum tersebut agar tidak mengganggu pengguna jalan lainnya.

Menurut dia, selama musim Lebaran banyak kendaraan khususnya bus umum yang mengeluarkan asap knalpotnya hitam pekat dibiarkan beroperasi.

"Sepertinya masalah knalpot yang mengeluarkan asap berwarna hitam tidak diperhatikan, masih saja dibiarkan jalan, padahal itu sangat jelas mengganggu, dan sepertinya tidak layak jalan," kata Jalal. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,