450 Kampung di Lebak Belum Nikmati Listrik

450 Kampung di Lebak Belum Nikmati Listrik

450 Kampung di Lebak Belum Nikmati Listrik. (Foto: Net)

Rangkasbitung  - Sekitar 450 perkampungan di Kabupaten Lebak, Banten, sampai saat ini belum menikmati penerangan listrik, sehingga pemerintah daerah terus berupaya melalui program listrik masuk desa.

"Kami menargetkan tahun 2015 yang mendapatkan jaringan penerangan listrik sebanyak 50 perkampungan," kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi setempat Sofiyan di Rangkasbitung, Senin (27/10/2014).

Ia mengatakan, apabila 50 perkampungan itu sudah menikmati penerangan listrik maka sisanya sebanyak 400 perkampungan diupayakan melalui bantuan Pemerintah Provinsi Banten.

Saat ini, Pemprov Banten mengalokasikan dana penerangan listrik melalui program listrik masuk desa (LMD).

Program LMD itu di antaranya perkampungan yang belum tersentuh penerangan listrik akibat terbatasnya distribusi daya listrik.

Selain itu juga mereka yang berada di perbukitan dan pegunungan, sehingga menyulitkan pihak PLN untuk memasang jaringan listrik.

Karena itu, pihaknya menargetkan lima tahun ke depan semua perkampungan yang tersebar di 345 desa/kelurahan sudah teraliri penerangan listrik.

"Kami optimistis tahun 2019 seluruh perkampungan di Lebak menikmati jaringan listrik," katanya.

Menurut dia, dari 450 perkampungan yang belum tersentuh jaringan listrik itu berada di 28 kecamatan.

Namun, secara umum jumlah desa/kelurahan yang ada di Lebak sudah teraliri penerangan listrik, kecuali Desa Kanekes yang wilayahnya dihuni suku Baduy.

"Kami minta warga yang belum menikmati jaringan penerangan listrik bersikap sabar," katanya.

Sementara itu, Ahmad, warga Kecamatan Cijaku Kabupaten Lebak, mengatakan, kampungnya yang dihuni sebanyak 30 kepala keluarga hingga kini belum menerima pasokan listrik karena tidak adanya jaringannya.

Padahal, ujar dia, beberapa kali warga mengusulkan kepada pemerintah maupun PLN setempat agar segera dipasang jaringan listrik, namun hingga kini belum juga terealisasi.

"Kami berharap tahun 2015 perkampungan kami dapat dialokasikan untuk mendapatkan program LMD," katanya. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,