Arus Lalu Lintas di Puncak-Cianjur Berangsur Normal

Arus Lalu Lintas di Puncak-Cianjur Berangsur Normal

Cianjur- Memasuki hari ketujuh Lebaran 1436 H, arus keandaraan yang melintas di Jalur Puncak-Cianjur, berangsur normal meskipun masih terlihat ratusan kendaraan melintas di jalur tersebut.

Pantauan, hingga Jumat sore ratusan kendaraan pemudik didominasi kendaraan roda dua, menuju arah Bogor. Sebagian besar pemudik yang hendak kembali menyempatkan diri untuk mengujungi sejumlah tempat wisata di kawasan tersebut, seperti Cibodas dan Taman Bunga Nusantara.

Hal yang sama terlihat pula di sejumlah jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi, dimana volume kendaraan dengan ciri khas mudik, masih menghiasi jalur tersebut, meskipun jumlahnya jauh berkurang dibandingkan beberapa hari terahir.

Bahkan di jalur Sukabumi, banyak pemudik yang singgah ke Situs Meghalit Gunung Padang, yang hanya berjarak 15 kilometer dari Jalur Utama Cianjur-Sukabumi. Sehingga angka kunjungan ke situs tertua di dunia itu, masih tinggi sejak dua hari setelah lebaran.

Nanang juru pelihara Gunung Padang, saat dihubungi, Jumat, mengatakan, angka kunjungan setiap harinya mencapai 5000 orang pengunjung yang sebagian besar pemudik asal Cianjur. Namun selang tiga hari setelah lebaran, pengunjung yang datang didominasi pemudik luar kota yang hendak kembali ke perantauannya masing-masing.

"Hari ini kendaraan yang mendominasi jenis roda dua dengan ciri khas mudik bernopol B. Mungkin kebetulan melintas di jalur ini, mereka sengaja singgah untuk berwisata sekaligus istirahat sebelum melanjutkan perjalanan," katanya.

Sedangkan sepanjang libur hari raya, ungkap dia, puncak kunjungan ke situs tersebut mencapai 15000 ribu pengunjung. Pihaknya memperkirakan angka tersebut akan kembali terjadi pada akhir pekan ini, dimana libur panjang sekolah telah usai.

"Rombongan anak sekolah dan keluarga besar mengunakan bus hari ini, cukup meningkat pula. Kami perkirakan akan terus meningkat kembali hingga Sabtu. Ketika angka kunjungan tinggi kami meminta pengunjung untuk menjaga kebersihan dan tidak melakukan pengrusakan selama berada di lokasi situs," katanya.

Hal yang sama diakui pengelola tempat wisata di Kebun Raya Cibodas dan Taman Bunga Nusantara, dimana hingga hari ketujuh lebaran, angka kunjungan masih tetap tinggi. Pemudik yang hendak kembali ke Jabodetabek melalui Jalur Cianjur-Puncak, dengan roda dua mendominasi.

Peningkatan angka kunjungan itu, akan terus meningkat hingga Sabtu, dimana diperkirakan akan terjadi puncak kunjungan yang diperkirakan belasan ribu pengunjung akan memadati tempat wisata tersebut. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:daerah,