Warga Tertangkap Tangan Buang Sampah di Alun-alun

Warga Tertangkap Tangan Buang Sampah di Alun-alun

Ilustrasi Foto - Net

Bandung - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung, menggelar penegakan Perda mengenai sampah. Dalam operasi tersebut petugas berhasil menangkap tangan warga yang merokok dan membuang sampah sembarang di kawasan taman Alun-alun Kota Bandung.

Dalam hal ini, Pelanggar pun langsung dikenai sanksi sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) No. 11 Tahun 2005 mengenai Kebersihan, Ketertiban dan Keamanan (K3).

Hal tersebut diungkapkan Kasat Pol PP Kota Bandung Eddy Marwoto di Mako 2 Jalan Dewi Sartika Kota Bandung Jumat petang (24/7/2015).

"Soal sampah ini menjadi masalah utama di Alun-alun Kota Bandung, banyak informasi yang kami peroleh para pengunjung taman maupun pejalan kaki di Jalan Dewi Sartika dan Kepatihan sering melakukan pelanggaran dengan membuang sampah sembarangan, jelas ini harus ditindak lanjuti oleh sebab itu kita adakan operasi ini," ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, sesuai dengan Perda yang berlaku, pelanggar pun langsung digiring ke Pos Pengaman untuk didata dan dikenai sanksi biaya paksa sebesar Rp250 ribu atau dipersidangkan dengan kasus Tindak Pidana Miring (Tipiring).

"Langsung dibawa ke pos untuk dikenai sanksi. Karena tidak bisa bayar biaya paksa ditempat. Jadi kami arahkan untuk ikut sidang karena masuk dalam Tipiring," bebernya.

Sementara itu, salah seorang yang terjaring mengatakan tidak mengetahui mengenai peraturan ini. Dirinya mengaku baru pertama kali ke Kota Bandung untuk mengisi liburan lebaran dan melanjutkan pendidikan di salah satu perguruan tinggi di Bandung.

"Saya dari Cilegon, baru dua hari di sini. Lagi nyari tempat kuliah di sini. Jadi tidak tahu ada peraturan itu karena tadi enggak ada larangan merokok," paparnya.

Menurut informasi yang dihimpun wartawan di lapangan, operasi tersebut akan terus digalakkan selama tiga hari kedepan guna menegakkan Perda K3.

Hingga berita ini diturunkan, sudah ada 10 orang yang ditindak untuk dilanjutkan ke persidangan karena tidak bisa membayar biaya paksa di tempat dan 4 orang diberikan peringatan keras.(Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,