'Demam' Obama Marak di Setiap Sudut Kota Kenya

'Demam' Obama Marak di Setiap Sudut Kota Kenya

Seorang warga mengambil gambar poster penyambutan Obama disalah satu sudut kota di kenya. (Times.com)

Nairobi -  Sepertinya masyarakat Kenya telah mempersiapkan penyambutan besar terhadap kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama sejak jauh-jauh hari. Meski kedatangan Obama ke tanah kelahiran ayahnya berlangsung singkat, banyak para pengusaha setempat berharap bisa mendapatkan keuntungan dari sisi ekonomi.

Persiapan untuk menyambut Obama pun sudah sangat heboh. Obama datang ke Kenya untuk menghadiri pertemuan Global Enterpreneurship keenam. Secara keseluruhan Kota Nairobi telah menghabiskan dana ratusan ribu dolar untuk melakukan renovasi. 
 
Sementara Kenyatta International Convention Center, tempat  pertemuan berlangsung sudah direnovasi habis-habisan hingga menelan dana 3 juta doalr AS. Berbagai perlakuan istimewa pun dilakukan terhadap jalanan di sekitaran Kota Nairobi, menyambut mobil kepresidenan AS 'The Beast' melintas.

Warga Nairobi pun tidak mau ketinggalan. Banyak dari pengusaha kecil setempat membuat pernak-pernik berbau Obama. Mereka menjual bermacam-macam suvenir seperti kaus, topi, kerajinan tangan bahkan dvd.

Seperti dikutip Associated Press, Sabtu (25/7/2015) dalam sebuah pidato, Obama banyak memuji Afrika yang terus berkembang. Dalam pembukaan Pertemuan Global Entrepreneurship di Nairobi, Kenya, Obama memiliki penilaian tersendiri terkait Afrika. "Afrika adalah salah satu wilayah yang terus berkembang. Banyak orang yang terangkat dari kemiskinan di wilayah ini," katanya.

Kunjungan Obama ke Kenya, sangat diantisipasi oleh rakyat Kenya. Ini adalah kunjungan pertama dilakukan oleh Presiden AS ke Kenya, dan lebih khusus lagi bagi Obama karena ayahnya berasal dari Kenya. "Kunjungan ini menjadi sangat pribadi bagi saya. Ada alasan mengapa nama saya adalah Barack Hussein Obama," katanya.

Sebagian besar dari kunjungan Obama di Kenya difokuskan untuk meningkatkan hubungan ekonomi dan keamanan dengan Kenya. Puluhan pejabat dan 200 investor asal AS turut serta dalam kunjungan itu. Presiden Kenya Uhuru Kenyatta yang menjadi tuan rumah bersama dengan Obama, menepis tantangan keamanan yang dihadapi oleh Kenya. Dia berharap, kunjungan Obama bisa mengubah persepsi mengenai Kenya dan Afrika. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,