75 Hakim Dijatuhi Hukuman oleh Bawas MA

75 Hakim Dijatuhi Hukuman oleh Bawas MA

Jakarta -  Sedikitnya 75 hakim telah dijatuhkan hukuman oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung (Bawas MA). Ke-75 hakim tersebut dinilai telah melanggar kode etik dan pedoman perilaku hakim (KEPPH) sepanjang tahun 2015.
 
Keterangan yang diperoleh dari dari situs MA, Kepala Bawas MA Sunarto mengatakan, dari 75 hakum yang dikenaai nhukuman tersebut, sebanyak delapan hakim di antaranya mendapat hukuman berat, sebanyak enam hakim dijatuhi sanksi sedang, serta 61 hakim mendapat kan sanksi ringan.
 
Adapun salah satu yang mendapat hukuman berat adalah hakim berinisial Mchr. Ia dinilai melanggar SKB Ketua MA dan Ketua Komisi Yudisial (KY) Pasal 6 ayat 2 huruf a dan Pasal 19 ayat 4 huruf a.
 
Bawas MA juga menjatuhkan sanksi terhadap tiga hakim ad hoc. Satu di antaranya mendapat saksi berat, dan dua lainnya diberi hukuman ringan. Hakim ad hoc yang diberi sanksi berat berinisial K Ahd Jh. Ia diberhentikan secara tidak hormat karena melanggar kode etik yang tertuang dalam SKB Ketua MA dan Ketua KY.
 
Selain memberikan hukuman terhadap hakim, Bawas MA juga memberikan hukuman kepada 13 panitera/sekretaris. Bahkan, sejumlah wakil panitera/sekretaris juga dijatuhi hukuman.
 
Sanksi juga diberikan kepada lima juru sita, empat juru sita pengganti, lima pejabat struktural, 20 staf, dan satu calon hakim diberi peringatan. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,