"Semalam" Gerakan Hemat Energi di Bandung

Para panitia penyelenggara Semalam (Serentak Matikan Lampu), tengah menyalakan lilin di Plaza Balaikota Bandung Senin malam (27/10/2014). (Foto: TrisDodi)

Bandung - Pemerintah Kota Bandung menggelar gerakan "Semalam" (Serentak Matikan Lampu). Sebuah aksi "Earth Hour" yang dilakukan dengan mematikan lampu secara serentak di Plaza Balai Kota, Jalan Wastukancana Kota Bandung,  Senin malam (27/10/2014). Tujuan aksi itu mengkampanyekan Bandung Hemat Energi dan sebagai upaya penurunan emisi karbondioksida.

Menurut Walikota Bandung Ridwan Kamil, kegiatan itu terinspirasi dari Earth Our yang diselenggarakan WWF, namun akan dilakukan secara reguler.

"Program itu disambut baik juga oleh anak-anak muda, yang pada akhirnya dilakukan sosialisasi. Sosialisasi dimulai hari ini karena bertepatan juga dengan hari listrik nasional," ungkapnya.

Dia menjelaskan, pemadaman lampu akan rutin dilakukan satu minggu dua kali, yaitu hari Selasa dan Jumat. Imbauan ini akan dilakukan secara bertahap. "Akan rutin kita lakukan hari Senin dan Jumat mulai pukul 21.00 - 22.00. Kita lakukan sosialisasi terutama di sekolah karena pemaham dan logika anak-anak akan jauh lebih dimengerti," jelasnya.

Disebutkan, hal itu tidak hanya dilakukan rumah tetapi juga di bangunan mall dan hotel.  "Hasil diskusi dengan pemilik hotel, mall, dll mereka mendukung tetapi kalau dilakukan seminggu dua kali mereka kerepotan. Akhirnya disepakati sebulan sekali dulu di minggu ketiga  hari Jumat. Mudah mudahan dengan gerakan ini Kota Bandung tidak terjadi krisis energi, dan gaya hidup hemat ini menjadi sebuah nilai baru warga Kota Bandung," katanya.

E,il menambahkan, kota-kota lain sudah mau ikut ambil bagian terkait gerakan hemat energi listrik tersebut, sehingga hal ini menjadi kabar baik untuk dilakukan Gerakan Semalam Indonesia.

"Leading sektornya Dinas BPLH Kota Bandung, insyaallah sebelum launching kita akan terus kampanyekan gerakan Semalam ini. Ini tidak perlu diperdakan, Perda diperlukan untuk masalah keamanan dan kenyamanan yang menyangkut harkat hidup orang banyak," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,