Hanya di Sini Ada Ikan Keramat Berusia 500 Tahun

Hanya di Sini Ada Ikan Keramat Berusia 500 Tahun

Balong Keramat Darmaloka.

ORANG mungkin tak menyangka jika nun jauh di sana tepatnya di Kabupaten Kuningan, terdapat sebuah tempat yang biasa disebut Darma Loka. Di tempat inilah terdapat sebuah kolam yang namanya dikenal dengan sebutan Balong Keramat Darma Loka. 
Mengapa tempat ini sangat dikeramatkan oleh masyarakat setempat?. Konon, di kolam yang ukurannya tidak begitu luas itulah, akan ditemui sejenis ikan langka. Mata ikan yang oleh masyarakat setempat sering disebut dengan nama Kancra Bodas tersebut, ternyata bisa berkedip-kedip.
 
Selain itu dilihat dari usianya, ikan yang sudah sangat jarang ditemukan tersebut sudah berumur sekitar 500 tahun. Sepintas lalu, ikan Kancra Bodas warnanya seperti hitam. Namun kenyataannya ikan ini berwarna putih dengan ukuran antara satu jengkal orang dewasa, hingga mencapai satu depa.
 
Jumlah ikan Kancra Bodas yang ada di Balong Keramat Darmaloka tersebut, mencapai ratusan ekor. Bahkan pada waktu-waktu tertentu, terkadang jumlahnya lebih banyak dari kondisi yang sebenarnya.
 
Oleh masyarakat setempat, ikan yang memiliki bentuk panjang seperti ikan lele tersebut, dipelihara dan dijaga kelestariannya. Masyarakat setempat percaya bahwa ikan ini akan membawa berkah bagi kehidupan mereka, apabila mereka mampu menjaganya dari gangguan tangan-tangan jahil.
 
Hingga sekarang semua ikan yang hidup di balong tersebut, terpelihara dengan baik. "Ikan Kancra Bodas ini, tidak boleh dipancing atau pun diganggu. Sebab kalau diganggu, kita khawatir bakal kualat atau mendapat tulah," ujar seorang warga, tanpa menyebutkan seperti apa hukuman yang akan mereka terima.
 
Namun masyarakat setempat sampai kapan pun tetap percaya dan merasa yakin, akan kekeramatan ikan Kancra Bodas tersebut. Tak heran jika kemudian ikan ini selalu mendapat perhatian yang agak berlebihan (istimewa) dari masyarakat.
 
Ikan yang hidup di bagian tengah Balong Darma Loka tersebut, ternyata tidak hanya menjadi pusat perhatian masyarakat setempat. Tidak jarang masyarakat dari luar Kuningan, jauh-jauh datang ke balong ini, hanya untuk mengetahui keistimewaan ikan yang sudah cukup lama menjadi pembicaraan tersebut.
 
Jangan heran jika hampir setiap akhir pekan atau hari libur nasional, kawasan Balong Keramat Darma Loka selalu dipadati masyarakat yang ingin membuktikan dari dekat keistimewaan ikan ini. Kebanyakan dari mereka merasa penasaran oleh adanya cerita yang berkembang, seputar balong dan ikan keramat yang berada di wilayah Kuningan ini.
 
Selain memiliki ikan keramat, ternyata bangunan pura pintu gerbang Balong Darma Loka pun, merupakan salah satu bangunan tua yang ada di Kuningan. Bangunan tersebut dibuat seusia dengan balong. Pada tahun 1960-an, baik balong maupun gerbangnya pernah dipugar. (AY)
.

Categories:Unik,
Tags:unik,