Kriteria Kemiskinan Perlu Diperbaiki

Kriteria Kemiskinan Perlu Diperbaiki

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa

Jakarta - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, akan segera rapat dengan Menko bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan terkait kriteria kemiskinan perlu yang diperbaiki.

"Kita akan rapatkan apakah masih menggunakan kriteria hampir miskin, miskin dan sangat miskin perlu verifikasi lagi," kata Khofifah usai serah terima jabatan dengan Menteri Sosial periode 2009-2014 Salim Segaf Al Jufri di Jakarta, Selasa (28/10/2014).

Dia mengatakan, terkait kemiskinan pendekatan juga melalui klaster. Klaster satu yaitu bantuan dan perlindungan sosial, kedua pemberdayaan masyarakat, ketiga kredit usaha rakyat dan keempat program pro rakyat.

Khofifah menjelaskan, bantuan yang akan diberikan untuk penanganan kemiskinan tergantung kepada klasifikasinya misalnya kelompok rentan seperti yang sangat miskin diberi "ikan", Sedangkan yang berada pada kelompok rentan miskin dan hampir miskin diberikan bantuan kredit usaha rakyat.

"Kita akan komunikasikan besok, sesuai perintah presiden kita akan langsung kerja," katanya.

Terkait anggaran, Khofifah mengatakan karena anggaran untuk 2015 sudah disiapkan nanti akan disesuaikan pada APBN Perubahan. (AY)

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,