7 Pendaki yang Hilang di Gn. Lawu Ditemukan Selamat

7 Pendaki yang Hilang di Gn. Lawu Ditemukan Selamat

Karanganyar - Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan tujuh pendaki Gunung Lawu, di kawasan Sendang Drajat atau berjarak sekitar 9 km dari Posko Cemoro Kandang Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, Rabu (29/7/2015) petang dalam kondisi selamat.

Menurut Kepala Polres Karanganyar, AKBP Mahedi Surindra, di lokasi Posko Cemoro Kandang, SAR gabungan berhasil menemukan ketujuh pendaki di sekitar Sendang Drajat, tepatnya di bawah Pos lima puncak Lawu, sekitar pukul 16.30 WIB.

"Dari informasi anggota SAR yang menemukan di lokasi, ketujuhnya kondisi selamat. Namun, mereka kini dalam persiapan turun ke bawah," kata Kapolres.

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Jawa Tengah, Agus Haryono mengatakan, petugas sedang melakukan persiapan evakuasi tujuh pendaki dalam kondisi selamat. Petugas SAR dari atas akan membawa tujuh pendaki ke bawah, dan mereka nanti dijemput sukarelawan dari bawah. Sehingga, mereka akan bertemu di tengah jalan dan diperkirakan tiba di bawah sekitar pukul 21.00 WIB. 

Nyonyah Mulyani, orang tua pendaki Guruh Putra alias Puput (18) warga Jalan Demak Bintoro III No. 14 Nusukan, Banjarsari Solo; yang menunggu di Posko Cemoro Kandang merasa lega adanya informasi dari SAR yang kondisi selamat.

"Saya sangat bersyukur dan terima kasih kepada semua petugas sukarelawan yang berhasil menemukan tujuh pendaki temasuk anaknya, Guruh," kata Mulyani.

Menurutnya, Guruh merupakan anak bungsu dari empat bersaudara tersebut memang pencinta alam.
"Saya berharap Guruh menjadi anak yang suka menolong orang lain.Guruh dengan peristiwa ini, bisa menjadi pelajaran berharga dalam hidupnya menolong sesama jika tenaganya dibutuhkan," katanya.

Sementara itu, puluhan anggota SAR dan sukarelawan hingga sekitar pukul 18.15 WIB masih melakukan evakuasi ketujuh pendaki yang tersesat itu. Mereka melakukan evakuasi dengan cara estafet hingga turun di Cemoro Sewu yang jaraknya lebih dekat. Sejumlah mobil milik anggota SAR telah disiapkan untuk mengangkut ke Posko Cemoro Kandang. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,