21 Mahasiswa Unpad Ikuti MTQMN XIV

21 Mahasiswa Unpad Ikuti MTQMN XIV

Ilustrasi Foto - Net

Bandung  - Universitas Padjadjaran Unpad Bandung mengirim 21 mahasiswa untuk berlaga di 10 cabang, dalam perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XIV mulai 1-8 Agustus 2015 di Universitas Indonesia (UI). Para mahasiswa tersebut terpilih untuk mewakili Unpad, setelah melalui serangkaian seleksi dan pembekalan selama satu tahun.
"Kita pandang kegiatan ini sebagai kesempatan lahan amal untuk berdakwah," kata Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad, saat memberikan pengarahan dan pelepasan kepada para mahasiswa di Kampus Unpad Jatinangor, sebagaimana dilansir laman Unpad.
Rektor pun memberikan apresiasi, semangat, dan dukungan kepada para peserta terpilih tersebut. Ia mengharapkan, para peserta dapat mengikuti kompetisi dengan didasari tekad untuk syiar dan dakwah. "Kalau pengertiannya ke sana, yang ditargetkan menjadi juara itu sampingan, karena niatnya lebih jauh dari itu sebetulnya,” katanya.
Ia berpesan, para peserta senantiasa menjaga nama baik Unpad terutama dalam menjalin silaturahmi dengan peserta dari perguruan tinggi lain. Silaturahmi perlu terus dijalin, di antaranya untuk mempelajari strategi dalam berdakwah.
Sementara itu, Kepala Bagian Kemahasiswaan Unpad Drs Dida Herwanda Barnas mengatakan, sebelum terpilih untuk mewakili Unpad di tingkat nasional, para peserta terlebih dahulu harus melalui serangkaian seleksi di tingkat fakultas dan universitas pada 2014.
Selama satu tahun, tiga besar juara universitas dari masing-masing cabang diberikan pembekalan, untuk selanjutnya dipilih satu perwakilan dari masing-masing cabang guna mengikuti ajang di tingkat nasional. Para peserta juga telah melalui proses pemantapan dan karantina pada 26-28 Juli 2015 di Wisma Unpad, Bandung.
Dari 13 cabang lomba, mahasiswa Unpad akan berlaga di 10 cabang putra dan putri. Cabang Yakni Tilawatil Quran, Tartillil Quran, Hifzhil Quran 1 juz, Hifzhil Quran 5 juz, Hifzhil Quran 10, Fahmil Quran, Syahril Quran, karya tulis, debat Bahasa Arab, dan debat Bahasa Inggris.
MTQMN merupakan gelaran Kementerian Riset, Teknologi (Kemenristek) dan Pendidikan Tinggi (Dikti) yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Laman MTQMN XIV menyebutkan, tahun ini MTQMN diikuti oleh 1.863 mahasiswa dari 167 Perguruan Tinggi se-Indonesia. Kegiatan ini mengusung tema "Membentuk mahasiswa yang beriman, bertakwa, dan berakhlaqulkarimah menyongsong Indonesia emas”. (Jr.)**
.

Categories:Pendidikan,
Tags:pendidikan,