Shakhtar Turunkan Gelandang Terancam Hukuman Doping

Shakhtar Turunkan Gelandang Terancam Hukuman Doping

Pelatih Shakhtar Donetsk Mircea Lucescu.

Kiev - Pelatih Shakhtar Donetsk Mircea Lucescu mengakui dirinya akan melawan keinginan UEFA dengan tetap menurunkan gelandang tangkas Fred di laga kualifikasi Liga Champions Rabu (29/7/2015), meskipun sadar ada kemungkinan pelanggaran doping atas pemain internasional Brasil itu.

Menurut laporan di Brasil, pemain berusia 22 tahun itu telah positif atas uji untuk diuretik yang dilarang di kompetisi Piala Amerika baru-baru ini di Chili dan dia menghadapi larangan panjang bermain jika tes kedua mengkonfirmasi temuan.

Lucescu, bagaimanapun, memilih untuk memainkan gelandang itu pada Selasa setelah hanya bermain imbang 0-0 di Fenerbahce saat leg pertama babak kualifikasi ketiga Liga Champions, mengabaikan kekhawatiran dengan mengklaim ia belum menerima konfirmasi UEFA atas pelanggaran.

"Sebelum pertandingan, UEFA menasehati kita untuk tidak memasukkan dia tapi kami belum menerima dokumen resmi dan ini hanya rekomendasi verbal," kata pelatih asal Rumania itu kepada wartawan setelah pertandingan di Istanbul. "Tidak ada pernyataan khusus tentang hal ini untuk saat ini dan kami masih menunggu hasil sampel B," tambahnya.

"Saya telah berbicara dengan tim dan pemain secara pribadi. Ketika keputusan resmi tiba, tentu saja, kami akan menaatinya." Dipanggil untuk menggantikan pemain yang cedera Luiz Gustavo, Fred bermain di dua pertandingan pembuka Brazil di Piala Amerika pada Juni-Juli melawan Peru dan Kolombia, tapi kalah pada pertandingan terakhir grup melawan Venezuela dan takluk di perempat final lawan Paraguay.

Lucescu memahami obat-obatan yang dilarang, agen hydrochlorothiazide masking, bisa saja diberikan kepada gelandang ketika ia sedang bertugas internasional. "Sangat sulit untuk mengatakan apa yang sebenarnya terjadi. Saya kira tim dokter Brasil harus bertanggung jawab untuk hal-hal seperti itu," tambah pelatih.

"Saya tidak berpikir seorang pemain yang bisa berlari 13 km per pertandingan membutuhkan pil tapi saya akan menghindari mengomentari masalah lebih lanjut sampai hasil tes kedua diketahui.

"Namun, akan sangat sedih jika pemain muda seperti dia dilarang bermain untuk beberapa waktu." Shakhtar akan menjamu Fenerbahce di leg kedua laga mereka pada 5 Agustus dengan pemenangnya akan maju ke babak playoff Liga Champions untuk memperebutkan tempat di babak penyisihan grup turnamen. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,