Purwakarta Garap Projek Padi Legowo Seribu Hektar

Purwakarta Garap Projek Padi Legowo Seribu Hektar

Foto: ANTARA

Purwakarta - Dinas Pertanian Kehutanan dan Perkebunan (Distanhutbun) Purwakarta garap proyek GP PPT program Legowo 2 dan 4. Sebanyak 1.000 hektar areal perswahan Purwakarta menjadi projek perdana model program penanaman padi Legowo.

Model tanam Legowo sendiri adalah pemberian jarak pemisah saat penanaman padi, dengan harapan pemberian pupuk dan penyinaran matahari bisa maksimal di musim kemarau. Program ini pun akan digulirkan selama dua musim tanam pertanian.

Kepala Distanhutbun Purwakarta Tarsamana Setiawan menyebut, bila program ini berjalan maskimal, maka tahun berikutnya luas lahan persawahan Legowo akan ditambah.

"Pilot project dari 17.800 hektar persawahan dalam dua musim ini yang pilot projectnya 1.000 hektar, nanti hasilnya dibandingkan setelah dan sebelum menerapkan program ini," ujarnya, saat memanen padi di Desa Cianting Kecamatan Sukatani, Kamis (30/7).

Namun, sepertinya program ini berjalan mulus karena dari hitungan sementara beberapa sampel padi siap panen jika dihitung-hitung mencapai 9,6 ton per-hektar atau naik 3,7 ton per hektarnya. "Hitungan dari sampel padi siap panen awalnya 5,9 ton per-hektar, panen tadi 9,6 ton per-hektar di lolasi GP PPT," katanya.

Pihaknya akan terus menggulirkan program ini di seluruh luas persawahan di Purwakarta, untuk memaksimalkan hasil pertanian. Selain meningkatkan produksi padi nasional program ini pun diyakini meningkatkan kesejahteraan petani. "Kalau trennya naik terus, program ini dijalankan di seluruh areal persawahan di Purwakarta," ujar Tarsamana. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,