Penduduk Indonesia dan 8 Negara Tumbuh Lebih Pesat

Penduduk Indonesia dan 8 Negara Tumbuh Lebih Pesat

New Delhi - Sebuah penelitian baru yang dikeluarkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengenai tren populasi dunia. PBB memprediksi, India akan melampaui Cina sebagai negara dengan penduduk terbanyak pada tahun 2022.
 
Seperti dilaporkan BBC, Jumat (31/7/2015) laporan itu juga menyatakan Nigeria akan menggantikan Amerika Serikat sebagai negara terpadat ketiga di dunia pada 2050. Lebih dari setengah dari pertumbuhan penduduk dunia dalam kurun 35 tahun ke depan, diperkirakan akan terjadi di kawasan Benua Afrika.
 
"Pertumbuhan penduduk di negara-negara termiskin memiliki tantangan tersendiri, sehingga semakin sulit untuk memberantas kemiskinan dan ketidaksetaraan. Termasuk memerangi kelaparan dan kekurangan gizi," kata Direktur Divisi Populasi PBB, John Wilmoth.
 
Populasi di 28 negara Afrika juga diprediksi meningkat lebih dari dua kali lipat. Disebutkan juga populasi dunia saat ini berkisar 7,3 miliar, dan jumlah itu diperkirakan mencapai 9,7 miliar pada 2050 dan 11,2 miliar pada tahun 2100.
 
Laporan PBB tersebut menunjukkan, India kemungkinan akan mengungguli jumlah penduduk Cina pada enam tahun lebih awal, dari yang diperkirakan sebelumnya. Indonesia juga diperkirakan akan merupakan negeri yang paling pesat pertumbuhan penduduknya ke depan.
 
Setengah dari pertumbuhan penduduk dunia antara 2015 hingga 2050 diperkirakan terpusat di sembilan negara. Antara lain India, Nigeria, Pakistan, Kongo, Ethiopia, Tanzania, Amerika Serikat, Indonesia, dan Uganda. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:,