Kebakaran Lahan di Jambi Meluas Kepung 3 Desa

Kebakaran Lahan di Jambi Meluas Kepung 3 Desa

Jambi - Tak terbendung lagi kebakaran hutan di Jambi terus meluas. Tidak hanya membakar hutan dan lahan warga, tapi juga sudah merambah ke tiga desa di Kabupaten Muaro Jambi, Jambi.
 
Petugas gabungan BPBD Kabupaten Muaro Jambi, TNI-Polri dan masyarakat setempat, Sabtu (1/8/2015) terus berupaya memadamkan api di lokasi kebakaran lahan. Namun, api bukannya padam justru terus meluas hingga menyulitkan petugas untuk memadamkannya.
 
Pada awalnya di Desa Betung, Kumpeh Ulu tersebut hanya ada beberapa titik api saat petugas datang. Namun angin kencang membuat api terus menjalar dan meluas. Asap hitam tebal pun membumbung hingga petugas yang hanya membawa peralatan seadanya memilih mundur. 
 
Adapun satu unit ekskavator yang digunakan untuk membuat kanal juga harus menghindar dari kejaran api. Kanal yang kering dan berlumpur menambah kendala petugas. Api sudah mengepung 3 desa, yakni di Desa Uding, Betung, dan Pematang Raman. Warga berharap, SK gubernur soal status darurat tentang kebakaran hutan dan kabut asap segera ditandatangani.
 
Sementara itu, 5 hektar kebun sawit dan lahan gambut juga terbakar di kawasan Betara, Tanjung Jabung Barat, Jambi. Tim Manggala Agni dibantu polisi dan TNI juga kesulitan memadamkan api karena sulit air dan angin yang kencang.
 
5 Mesin penyedot air kapasitas 1.000 liter per detik belum mampu memadamkan api. Akibatnya, sejumlah kawasan di Provinsi Jambi sudah mulai diselimuti kabut asap. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,