BPBD Jabar Bantu Salurkan Air Bersih

BPBD Jabar Bantu Salurkan Air Bersih

Bandung - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menyatakan salah satu program penanganan dan antisipasi untuk membantu daerah yang kekeringan ialah dengan membantu menyalurkan air bersih.

"Fokus program yang kita jalankan terkait penanganan dan antisipasi kekeringan tahun 2015 ini ialah penyaluran air bersih untuk warga yang terkena dampak kekeringan," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jawa Barat Warsajaya, ketika dihubungi melalui telepon, Sabtu (1/8/2015).

Ia mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu laporan dari setiap BPBD kabupaten/kota untuk menyediaan air bersih bagi warga yang terkena dampak kekeringan di Jawa Barat.

"Jadi untuk titik-titiknya ada berapa yang akan kita bantu penyaluran air bersihnya, kita masih nunggu teman-teman di BPBD kabupaten/kota yang ada. Dan untuk program ini kami dibantu juga oleh PDAM setempat," ujar dia.

Menurut dia, kekeringan yang melanda wilayah Jawa Barat pada tahun 2015 ini diprediksi akan lebih parah dibandingkan tahun sebelumnya.

"Tahun lalu itu kemarau basah, di mana dalam satu bulan masih bisa terjadi hujan hingga beberapa kali dalam satu bulannya dan volume hujannya kurang dari 50 milimeter. Adapun hujan di akhir Juli 2015 kemarin volumenya hanya 0,33 milimeter," kata dia.

Saat ini, lanjut dia, 60 persen wilayah Jabar kini mengalami kekeringan sehubungan dengan musim kemarau 2015. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,