Pilkada Kab. Tasikmalaya Diundur 2017

Pilkada Kab. Tasikmalaya Diundur 2017

Bandung - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Tasikmalaya, diundur hingga Pilkada serentak berikutnya 2017 karena hanya ada satu pasangan calon bupati/wakil bupati Tasikmalaya.

"KPU kabupaten menetapkan keputusan penundaan seluruh tahapan dan pemilihan diselenggarakan pada pemilihan serentak berikutnya," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya Deden Nurul Hidayat kepada wartawan di Tasikmalaya, Senin (3/8/2015).

Ia mengatakan, pasangan calon Pilkada Kabupaten Taskmalaya yang secara resmi mendaftar ke KPU hanya satu pasangan yakni dari petahana Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum dan wakilnya Ade Sugianto, pada batas akhir pendaftaran 28 Juli 2015.

Selanjutnya KPU Tasikmalaya, kata Deden sesuai aturan memperpanjang waktu pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati Tasikmalaya sampai 3 Agustus 2015.

"Sampai perpanjangan waktu, batas akhir pukul 16.00 WIB, tanggal 3 Agustus 2015 Kabupaten Tasikmalaya secara resmi hanya ada satu pasangan calon," katanya.

Berdasarkan Peraturan KPU, kata Deden, apabila hanya ada satu pasangan calon atau tidak ada yang mendaftar pada Pilkada maka pelaksanaannya ditunda.

KPU Kabupaten Tasikmalaya selanjutnya akan menggelar rapat pleno untuk menetapkan dan membuat berita acara terkait Pilkada Tasikmalaya yang hanya ada satu pasangan calon.

"Kami berkewajiban melakukan rapat pleno terkait dengan hanya ada satu bakal calon bupati dan wakil bupati yang resmi mendaftar," kata Deden.

Sementara itu pasangan petahana Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum dan wakilnya Ade Sugianto yang mendaftar ke KPU merupakan pasangan satu paket pada Pilkada sebelumnya.

Kedua pasangan itu mendapatkan dukungan dari partai politik PPP, PDI-Perjuangan, Golkar, Nasdem, PAN, dan PKS. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,