Penumpang Pesawat Bawa 4 Kg Sabu

Penumpang Pesawat Bawa 4 Kg Sabu

Penumpang Pesawat Bawa 4 Kg Sabu

Batam - Petugas Bea Cukai berhasil mengamankan S (33), seorang calon penumpang pesawat tujuan Surabaya yang kedapatan membawa sabu empat kilogram saat membawa barangnya melewati alat pemindai Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

"Iya ada penangkapan narkoba jenis sabu seberat empat kilogram di Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Kejadiannya pagi tadi sekitar pukul 08.00 WIB," kata Humas Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam, Emi Ludianto di Batam, Selasa (28/10/2014).

Ia mengatakan, S tertangkap saat barang bawaanya yang dimasukkan alat pemindai terminal keberangkatan domestik Bandara Internasional Hang Nadim Batam terdapat empat bungkusan mencurigakan. "Petugas yang curiga terhadap barang-barang tersebut, langsung melakukan pengecekan pada barang bawaan S. Ternyata dalam tasnya ditemukan serbuk kristal diduga sabu," katanya.

Selanjutnya, kata dia, petugas langsung mengamankan S pada kantor di Bandara Internasional Hang Nadim Batam untuk memastikan barang yang dibawanya adalah narkoba jenis sabu. Selain sabu, petugas juga mengamankan sebuah paspor, dua telepon gengam dan uang tunai Rp4 juta. "Usai diperiksa oleh petugas di Kantor BC Batam, Batuampar, pelaku akan diserahkan ke Polresta Barelang untuk proses hukum lebih lanjut," kata Emi.

Sebelumnya, sejumlah upaya pengiriman sabu keluar Batam dari Bandara Internasional Hang Nadim sudah pernah digagalkan petugas BC dan Direktorat Pengamanan BP Batam. Pada 26 Desember 2012, petugas juga mengamankan Rs yang kedapatan membawa sabu saat hendak naik ke pesawat.

Selanjutnya pada 5 April 2013, upaya serupa juga digagalkan. Sabu yang digagalkan, kata dia, diduga berasal dari Malaysia yang hendak dipasarkan pada sejumlah wilayah di Indonesia dan menjadikan Batam sebagai daerah transit. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:kriminal,