Pendaftar Pilkada Serentak Terbanyak di Karawang

Pendaftar Pilkada Serentak Terbanyak di Karawang

Bandung - Pendaftar pasangan calon pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak Desember 2015 di Jawa Barat terbanyak di Kabupaten Karawang enam pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati.

Sekretaris KPUD Jawa Barat Heri Suherman di Bandung, Selasa (4/8/2015), mengatakan Kabupaten Karawang itu menjjadi daerah yang terbanyak pasangan calon yang mendaftar pilkada dibandingkan daerah lain.

Selain Kabupaten Karawang, daerah lainnya di Provinsi Jawa Barat yang jumlah pasangan calonnya cukup banyak mendaftarkan diri dalam pilkada serentak ialah Kabupaten Pangandaran yakni tiga pasangan bakal calon.

Ia menuturkan ada satu daerah di Provinsi Jawa Barat yang pelaksanaan Pilkada Serentak 2015 diundur karena faktor calon tunggal yakni Kabupaten Tasikmalaya.

"Kami memberlakukan tambahan waktu dari 1-3 Agustus. Sempat ada pasangan yang mendaftar satu pasangan calon. Tapi tidak memenuhi syarat sehingga dianggap gugur. Jadi yang resmi mendaftar itu hanya satu pasangan saja. Maka harus diundur," katanya.

Ia mengatakan calon tunggal dalam Pilkada Kabupaten Tasikmalaya ialah pasangan Uu Ruhzanul dan Ade Sugianto.

Menurut dia, alasan pasangan calon yang mendaftar saat perpanjangan waktu pendaftaran ditolak karena hanya ada bakal calon bupati saja yang mendaftar seharusnya bakal calon wakil bupati juga ikut hadir di KPUD saat pendaftaran.

"Kemudian ada beberapa persyaratan yang lain yang tidak memenuhi syarat dari pasangan calon tersebut," ujarnya.

Menurut dia pada dasarnya KPUD Kabupaten Tasikmalaya sudah siap menggelar pilkada serentak namun dari pihak pesertanya ternyata masih belum siap.

"Kami sih siap-siapa saja, tapi itu tadi mungkin banyak pertimbangan dari pesertanya sehingga hanya ada satu pasangan atau calon tunggal," ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan karena diundur ke tahun 2017, maka rangkaian Pilkada Kabupaten Tasikmalaya akan kembali pada Juni 2016 mendatang.

"Dikarenakan hanya ada calon tunggal, Kabupaten Tasikmalaya otomatis gugur jadi peserta pilkada serentak. Maka ke depannya tinggal menunggu pilkada serentak berikutnya pada Februari 2017," ujarnya.

Berikut ini pasangan calon yang sudah mendaftar ke KPUD dalam Pilkada Serentak 2015 di Provinsi Jawa Barat.

Kabupaten Karawang dengan enam pasang calon yakni Saan Mustopa-Iman Soemantri, Nanan Taryana-Asep Gustian, Daday Hudaya-Edy Yusuf, 4. Akhmad Marjuki-TB Dedy Suwandi Gumelar, Cellica Nurrachadiana-Ahmad Zamakhsari dan Nace Permana-Yenih.

Kabupaten Cianjur dengan tiga pasang calon yaitu Deni Sunarya-dr Zaini Hamzah, dr Suranto-Aldwin Rahadian dan Irvan Rivalno Mochtar-Herman Suherman.

Kabupaten Bandung terdiri dari tiga pasangan calon yaitu Sofyan Yahya-Agus Yasmin, Dadang M Naser-Gungun Gunawan dan Decky Fajar-Doni Mulyana Kurnia.

Kabupaten Sukabumi juga dengan tiga pasang calon yakni Marwan Hamami-Adjo Sardjono, Totong Suparman-Murtadho Tafrihan dan Akhmad Jajuli-Iman Adinugraha.

Sedangkan Kota Depok hanya dua pasangan calon yakni Dimas Oky Nugroho-Babai Suhaimi dan Idris Abdul Somad-Pradi Supriatna Begitu juga dengan Kabupaten Indramayu dengan dua pasang calom yakni Toto Sucartono-Rasta Wiguna dan Anna Sophanah-Supendi.

Sedangkan Kabupaten Pangandaran dengan tiga pasang calon yakni Jeje Wiradinata-Adang Hadari, Azizah Talita Dewi-Sulaksana dan Ino Darsono-Erwin M Thamrin. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,