Cimahi Giatkan Program Mobil Layanan Kependudukan Keliling

Cimahi Giatkan Program Mobil Layanan Kependudukan Keliling

Cimahi - Pemerintah Kota Cimahi giatkan program mobil layanan kependudukan keliling untuk memberikan kemudahan masyarakat khususnya pendatang dalam mengurus administrasi kependudukan seperti Kartu Identitas Penduduk Musiman (Kipem).

"Jadi dari program mobil keliling ini kita akan terus keliling ke semua daerah di Cimahi untuk program administrasi kependudukan," kata Walikota Cimahi Atty Suharti saat meninjau langsung pembuatan Kipem di Kecamatan Cimahi Selatan, Selasa (4/8/2015).

Ia mengatakan, Pemerintah Kota Cimahi komitmen memberikan kemudahan bagi masyarakat termasuk pendatang untuk pembuatan administrasi kependudukan.

Ia menegaskan, memiliki dokumen kependudukan merupakan penting sebagai identitas diri masyarakat juga tercatat sebagai warga negara Indonesia.

"Kami memberikan kemudahan bagi penduduk musiman, tinggal dari para penduduk musimannya saja untuk mengurus administrasi kependudukannya," kata Atty.

Ia berharap, kesadaran masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan agar pemerintah mudah melakukan pendataan secara akurat untuk kepentingan pembangunan daerah.

"Kami ingatkan di Cimahi ada ketentuan apabila menetap lebih dari satu tahun, maka harus membuat Kipem untuk mengetahui berapa jumlah data penduduknya secara akurat," katanya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Cimahi, Hadi mengatakan sudah mencatat sebanyak 1.200 penduduk musiman telah melakukan administrasi kependudukannya sejak libur Lebaran 2015.

Pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan dengan cara langsung mendatangi masyarakat menggunakan mobil layanan keliling.

"Saat ini kami melakukan pelayanan langsung selama dua hari di Leuwi Gajah dan besok (Rabu) di Kelurahan Utama," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,