11 Orang Tewas Tetimbun Reruntuhan Gedung Tua di India

11 Orang Tewas Tetimbun Reruntuhan Gedung Tua di India

Ilustrasi Foto - Net

Naupada  - Sedikitnya 11 orang tewas setelah sebuah bangunan di dekat Kota Mumbai, India runtuh, Selasa (4/8/2015) pagi waktu setempat. Dilaporkan, masih banyak orang yang dikhawatirkan terperangkap di bawah bangunan tiga lantai di Thane, setelah insiden itu terjadi. 
 
Dilansir BBC, berdasarkan laporan polisi, sebelumnya pemerintah lokal telah mengatakan bahwa banyak properti tua yang berbahaya untuk ditinggali, namun warga menolak untuk pindah. Paling tidak, lebih dari 100 orang tewas dalam insiden bangunan perumahan yang runtuh di Mumbai dalam dua tahun terakhir ini.
 
Tim penyelamat masih terus berupaya mencari korban di dalam reruntuhan, karena bangunan yang berlokasi di daerah Naupada itu runtuh saat banyak warga di dalamnya yang sedang tidur. "Sebelas mayat telah ditemukan dan tujuh orang ditarik keluar hidup-hidup. Sedangkan satu orang hilang," kata petugas penyelamatan, Alok Avasthy.
 
Menurutnya, masih banyak orang yang tinggal di gedung berusia 50 tahun itu, meski telah dinyatakan tidak aman oleh pemerintah dua tahun lalu. "Kami menyelamatkan keluarga yang terdiri atas lima orang dengan bantuan anjing pelacak yang memberitahu kami, masih ada beberapa orang di sana," katanya.
 
Insiden itu terjadi sepekan setelah sembilan orang tewas, ketika bangunan tiga lantai lainnya runtuh saat hujan lebat di Thakruli, pinggiran Mumbai. Harga sewa properti di Mumbai termasuk yang tertinggi di Asia. Banyak warga terpaksa tinggal gedung-gedung tua, yang diperkirakan 60 persen dari 18 juta orang penduduknya tinggal di daerah kumuh.
 
Ada lebih dari 14.000 bangunan di Mumbai yang berusia lebih dari 70 tahun. Antara tahun 2008 dan 2012, ada 100 bangunan yang runtuh, menewaskan sebanyak 53 orang dan 103 lainnya mengalami luka-luka. Bahan konstruksi dan praktik bangunan yang buruk diklaim sebagai penyebabnya.
 
Pada tahun lalu, sebuah bangunan 11 lantai di bagian selatan Tamil Nadu juga runtuh setelah hujan lebat, menewaskan 61 orang yang sebagian besarnya merupakan pekerja. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:kecelakaan,