Sambut 70 HUT RI, Remaja Garut Kibarkan Bendera Raksasa

Sambut 70 HUT RI, Remaja Garut Kibarkan Bendera Raksasa

Bandung - Sejumlah remaja Kabupaten Garut yang tergabung dalam organisasi komunitas "Outdoor and Adventure Service: OASE" berencana mengibarkan bendera merah putih berukuran raksasa pada peringatan Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia.

"Sebagai generasi muda, kami dari komunitas OASE akan mengadakan pengibaran bendera merah putih raksasa ini diharapkan untuk menggugah semangat nasionalisme dan lebih cinta Tanah Air," kata Ketua Pelaksana Pengibaran Bendera Raksasa Dicky Lukmana kepada wartawan, Selasa (4/8/2015).

Ia mengatakan, bendera merah putih raksasa yang akan dikibarkan itu berukuran 70 x 45 meter di tebing Batu Tumpang, Garut, Jawa Barat, Senin 17 Agustus 2015, lebih besar dari bendera yang tercatat terbesar dikibarkan di kawasan Monas, Jakarta, berukuran 58 x 38 meter.

Ia berharap, pengibaran bendera di Garut dapat tercatat dalam rekor MURI sebagai bendara terbesar di Indonesia pada perayaan kemerdekaan ke-70 Indonesia.

"Sejauh ini belum ada bendera merah putih yang lebih besar dari bendera raksasa yang akan kami kibarkan pada 17 Agutus tahun ini, kami harap ini bisa memecahkan rekor MURI," katanya.

Ia mengatakan, peringatan Kemerdekaan Indonesia bertemakan "Yang Muda Yang Berkarya" itu sebagai bentuk semangat remaja Garut untuk membangun Indonesia lebih baik.

Menurut dia, momentum hari kemerdekaan itu sudah seharusnya menjadi semangat seluruh rakyat Indonesia untuk percaya diri dan yakin bahwa bangsa Indonesia telah merdeka serta terus berjuang meningkatkan nasionalisme.

"Kepercayaan diri dan keyakinan saja jelas belum cukup, hal penting yang lebih hakiki adalah bagaimana kita bisa menemukan nilai dan semangat juang," katanya.

Ia mengungkapkan, ada 10 aspek dari tujuan digelarnya kegiatan tersebut yakni dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan RI, pemecahan rekor Indonesia kategori bendera merah putih raksasa.

Selanjutnya aspek meningkatkan kesadaran masyarakat dalam upaya melestarikan nilai-nilai keilmuan, olah raga, lingkungan, budaya, dan potensi kepariwisataan untuk terwujudnya masyarakat yang maju dan berperadaban.

Aspek berikutnya diharapkan mampu meningkatkan kesadaran berbangsa dan cinta Tanah Air di kalangan generasi muda dan masyarakat pada umumnya, meningkatkan kreativitas positif generasi muda dalam membangun kader yang konstruktif, serta membantu kalangan masyarakat yang membutuhkan.

"Tujuan lainnya, menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan di kalangan generasi muda untuk mempererat persaudaraan, melakukan pemberdayaan masyarakat untuk dapat menciptakan lingkungan yang kondusif," kata Dicky didampingi Ketua OASE Ario Martin. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,