Empat Nama Layak Jadi Ketua Umum Muhammadiyah

Empat Nama Layak Jadi Ketua Umum Muhammadiyah

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin

Makassar - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin menyebut bahwa empat calon formatur layak menjadi pemimpin Muhammadiyah.

Din mengetahui rekam jejak keempat calon formatur itu. "Siapa yang menonjol itu tidak masalah. Saya dengar yang masuk ada empat orang masuk menjadi calon ketua umum yaitu Haedar Nashir, Yunahar Ilyas, Syafiq A Mughni dan Abdul Muti," kata Din di Makassar, Rabu (5/8/2015).

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini mengetahui empat pribadi yang saat ini masih menjabat anggota Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

"Saya tahu persis karena mereka adalah kawan saya dan memenuhi syarat. Masing-masing itu tentu ada perbedaan dan tentu setiap individu ada lebih di sini dan sana," kata dia.

Kendati demikian, Din menolak penyebutan nama itu sebagai bentuk kecenderungan mendukung kepada calon-calon tertentu untuk menjadi suksesornya.

Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar saat ini sedang memasuki Sidang Pleno III dengan agenda memilih 13 formatur tetap. "Insyaa Allah hasilnya akan diketahui publik besok," kata dia.

Terdapat 2.568 peserta yang memiliki hak suara akan memiliih 13 orang formatur dari 39 nama yang telah dikerucutkan lewat Sidang Tanwir pada 1-2 Agustus 2015.

Sebanyak 13 formatur ini yang nantinya akan menentukan figur para pimpinan PP Muhammadiyah, termasuk ketua umum, periode 2015-2020. (AY)

.

Categories:Politik,
Tags:,