32 Juta Surat Suara Hangus, Gedung KPU Jabar Terbakar

32 Juta Surat Suara Hangus, Gedung KPU Jabar Terbakar

Kantor KPU Jabar terbakar, 32 Juta Surat Suara Hangus.(Foto:Galamedianews.com)

Bandung - Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar yang terletak di Jalan Garut, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung tebakar, Kamis (6/8/2015) siang.  Meski tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, sekitar 32 juta surat suara yang merupakan arsip pemilihan Gubernur Jabar 2013 ikut ludes terbakar.
 
Menurut Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat  kebakaran terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Saat itu para petugas tengah menggelar halalbihalal. Dia menduga arsip surat suara terbakar karena panasnya matahari. Arsip itu diletakkan di bagian atas gedung dan langsung terpapar matahari.
 
"Kami tengah melakukan halalbihalal dan salah satu staf kami ke belakang (gudang), tiba-tiba melihat kepulan asap dari bagian atas (tempat penyimpanan arsip surat suara)," kata Yayat. "Memang ini sedang musim kemarau. Surat suara mungkin kepanasan karena disimpan di atas (gudang), mungkin terbakar. Karena memang hanya ditutup terpal," tambahnya.
 
Ia menjelaskan, arsip suara tersebut rencananya dilelang. Bila tidak ada peminat, surat suara itu akan dibakar pada bulan ini karena masa retensinya habis. "Yang terbakar ada 32 juta surat suara bekas Pilgub Jabar lalu dan akan dibakar karena masa retensinya telah habis dan alternatifnya, kalau ada nilai ekonomi, ya dijual melalui lelang," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,