Obor PON Jabar Diarak ke-27 Kab./Kota

Obor PON Jabar Diarak ke-27 Kab./Kota

Bandung - Api obor Pekan Olahraga Nasional XIX Jawa Barat Tahun 2016 akan diarak ke 27 kabupaten/kota di Jabar pada 27 hari menjelang pelaksanaan pesta olahraga nasional tersebut yakni September tahun depan, ungkap Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

"Sebagai bentuk dukungan dan memeriahkan semangat PON Jabar ini, makanya nanti H-27 pelaksanaan PON, api obornya akan kita arak ke semua kabupaten/kota sampai hari 'H'-nya," kata Deddy Mizwar usai menghadiri Roadshow Ke-3 Rangkaian Peringatan HUT Ke-70 Jawa Barat, di Kabupaten Purwakarta, Kamis (6/8/2015).

Ia mengatakan, selain itu acara pawai obor PON XIX/Jawa Barat tersebut juga akan diisi oleh kirab budaya dari setiap kabupaten/kota yang ada.

"Kita usulkan demikian (kirab budaya), tapi tergantung nanti konsepnya bagiaman," kata dia.

Menurut dia, catur sukses penyelenggaran PON XIX/Jawa Barat menjadi tanggung jawab semua pihak mulai dari pemerintah hingga masyarakat.

"Kita ingin catur sukses PON Jawa Barat ini bisa dirasakan oleh semua kabupaten/kota di Jabar, walaupun hanya 15 kabupaten/kota yang dijadikan lokasi pertandingan PON," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga ingin setiap kabupaten/kota diharapkan membuat bazar yang berisi tentang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat sebagai upaya menyukseskan pesta olahraga nasional tersebut.

"Kita berharap PON ini bisa catur sukses, sukses secara penyelenggaraan, prestasi, ekonomi dan administrasi. Dan kita ingin bagaimana bazar PON ini bisa hadir di semua kabupaten/kota di Jabar," kata Deddy.

Alasan pihaknya mengusulkan agar dibuat bazar PON karena tidak semua kabupaten/kota di Jawa Barat menjadi lokasi pertandingan cabang olahraga PON XIX.

"Dan kami harapkan walaupun cuma di 15 kabupate/kota pelaksanaan PON Jabar ini. Namun kita harapkan seluruh kab/kota jabar bisa merasakan suasananya dalam dan ikut menyukseskan Jawa Barat menjadi juara PON," kata dia.

Menurut dia, bazar tersebut bisa menampilkan segala pernak-pernik industri kreatif serta souvenir PON yang dihasilkan oleh masyarakat di setiap kabupaten/kota.

"Jadi bazar ini bisa dilaksanakan beberapa hari sebelum pelaksanaan PON hingga PON selesai. Sehingga catur sukses PON bisa diraih," kata dia. (AY)

.

Categories:Olahraga,
Tags:olahraga,