Demiz Minta Kab./Kota Buat Bazar PON

Demiz Minta Kab./Kota Buat Bazar PON

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwa (Demiz).

Purwakarta - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwa (Demiz)  mengatakan setiap kabupaten/kota diharapkan membuat bazar yang berisi tentang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat sebagai upaya menyukseskan pesta olahraga nasional tersebut.

"Kita berharap PON ini bisa catur sukses, sukses secara penyelenggaraan, prestasi, ekonomi dan administrasi. Dan kita ingin bagaimana bazar PON ini bisa hadir di semua kabupaten/kota di Jabar," kata Deddy Mizwar, di Kabupaten Purwakarta, Kamis (6/8/2015).

Alasan pihaknya mengusulkan agar dibuat bazar PON karena tidak semua kabupaten/kota di Jawa Barat menjadi lokasi pertandingan cabang olahraga PON XIX.

"Dan kami harapkan walaupun cuma di 15 kabupate/kota pelaksanaan PON Jabar ini. Namun kita harapkan seluruh kab/kota jabar bisa merasakan suasananya dalam dan ikut menyukseskan Jawa Barat menjadi juara PON," kata dia.

Menurut dia, bazar tersebut bisa menampilkan segala pernak-pernik industri kreatif serta souvenir PON yang dihasilkan oleh masyarakat di setiap kabupaten/kota.

"Jadi bazar ini bisa dilaksanakan beberapa hari sebelum pelaksanaan PON hingga PON selesai. Sehingga catur sukses PON bisa diraih," kata dia.

Sebelumnya, anggota Komisi II DPRD Jawa Barat Yunandar Eka Perwira mengatakan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 harus memberi dampak positif terhadap perekonomian masyarakat.

"Gelaran PON 2016 harus mampu menggeliatkan perekonomian masyarakat. Terlebih, Pengurus Besar PON 2016 Jabar pun telah menargetkan sukses ekonomi sebagai sasaran utama PON selain sukses prestasi, penyelenggaraan, dan administrasi," kata dia.

Menurut Yunandar, pemerintah maupun PB PON harus melibatkan masyarakat dalam ajang olahraga ini seperti warga bisa dilibatkan dalam pembuatan atribut dan pernak-pernik PON.

"Sebagai contohnya adalah boneka maskot PON. Itu bisa melibatkan masyarakat. Atau pernak-pernik lainnya," kata dia.

Dikatakan dia, selama ini upaya tersebut belum dilakukan secara serius karena upaya untuk menciptakan pasar bagi kreasi masyarakat ini belum diseriuskan.

"Jadi tidak ada langkah jangka panjang untuk perekonomian. Harusnya dibangun industrinya," kata Yunandar. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,