Bupati Harus Bertanggung Jawab Tewasnya Siswa di Garut

Bupati Harus Bertanggung Jawab Tewasnya Siswa di Garut

Bandung - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menyatakan Bupati Garut harus bertanggung jawab terkait tewasnya seorang siswa SMK Al-Hikmah, Garut, Fazri Fauzi yang terseret arus sungai saat mengikuti kegiatan siswa baru di sekolahnya.

"Kepala dinas anda harus bertanggung jawab, bupati harus bertanggung jawab," kata Anies saat acara silaturahmi dengan guru kesenian di kampus Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2015).

Ia mengatakan, tanggung jawab itu karena ada tindakan yang dibiarkan atau dilanggar dari intruksi tentang aturan kegiatan penerimaan siswa baru dilarang ada kegiatan diluar kewajaran.

Persoalan di Garut, kata dia, seorang siswa baru mengalami kecelakaan di sungai ketika menolong kakak kelasnya saat kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) diluar sekolah.

"Yang berbahaya kegiatan ini dilakukan tanpa kehadiran guru, tanpa kehadiran kepala sekolah," katanya.

Pihak yang bertanggung jawab itu, kata dia, tentu harus diberi sanksi karena tidak disiplin dalam menjalankan aturan pendidikan.

"Saya bilang kalau kepala sekolah itu bawahan saya di Kemendikbud, saya sudah berhentikan kemarin-kemarin, tapi kepala sekolah bawahan siapa, bawahan pemda, pegawai pemda," katanya.

Ia menegaskan, pertanggungjawaban kepala daerah itu karena telah melanggar dari intruksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayan yang telah mengirimkan surat ke kepala daerah.

"Sebelum tahun ajaran dimulai kami sudah kirim surat ke kepala daerah, bupati dan wali kota, nomor satu antisipasi, cegah, bila dilanggar maka beri sanksi tegas, keras," katanya.

Bahkan, lanjut dia, surat yang dilayangkan kementerian itu dikirim juga ke setiap kepala sekolah.

Namun anehnya, kata Anies, kepala sekolah yang menjalankan kegiatan MOPD itu berdasarkan kebiasaan, bukan aturan.

"Yang sering kami temukan adalah kepala sekolah menjalankan kegiatan bukan berdasarkan peraturan tetapi berdasarkan kebiasaan, kita harus mengubah jangan dibiarkan berdasarkan kebiasan tetapi aturan," katanya. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,