Pramuka Sejalan dengan Revolusi Mental

Pramuka Sejalan dengan Revolusi Mental

Bandung - Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengatakan gerakan Pramuka dinilai sejalan atau cocok dengan konsep revolusi mental seperti yang diutarakan oleh Presiden Joko Widodo.

"Kami meminta Pramuka dijadikan ekstrakurikuler wajib di sekolah meski kurikulum 2013 ditunda pelaksanaannya karena gerakan ini sejalan revolusi mental," kata Adhyaksa Dault usai melantik Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Jabarperiode 2015-2020, di Gedung Sate Bandung, Kamis (6/8/2015).

Ia menuturkan, Gerakan Pramuka dapat menjadi wadah untuk generasi muda dari beragai tingkatan usia dan dapat membuat mental generasi muda menjadi lebih baik dalam berbagai hal.

"Di Pramuka itu, usia anak didik kami itu 17 tahun kebawah itu 70 persen, 30 persennya ada anak-anak mahasiswa dan lain-lain," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, Gerakan Pramuka bisa diwajibkan untuk para siswa sebagai ekstrakurikuler di setiap sekolah.

"Tentunya kami berharap kepada pemerintah pusat walaupun kurikulum 2013 itu ditunda tapi tetap pramuka dijadikan sebagai ekstrakurikuler yang wajib di sekolah," ujarnya.

Ia mengaku telah merasakan dampak positif dari keikutsertaannya sebagai anggota Pramuka sejak kecil seperti mendapat ilmu dan pengalaman kepemimpinan.

Sedangkan untuk menumbuhkan minat generasi muda bergabung dengan Pramuka, dirinya mengaku sudah melakukan berbagai langkah supaya gerakan ini menjadi menarik di mata generasi muda, khususnya siswa.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menambahkan Pramuka adalah sebuah gerakan yang paling memungkinkan untuk membangun karakter bangsa karena mencakup segala aspek kehidupan, seperti kesehatan, ketangkasan, keterampilan, kepribadian, dan gerakan keagamaan.

"Dalam konteks karakter paling lengkap dalam konteks kesesuaian dengan agama maka gerakan Pramuka adalah gerakan yang paling islami," ujarnya.

Karena itu ia meminta semua pihak bersatu padu mendukung gerakan Pramuka untuk menjawab tantangan jaman saat ini.

"Melalui gerakan Pramuka mari hadirkan kekuatan kita untuk memanfaatkan globalisasi dalam menghadirkan pembangunan karakter bangsa ini," kata pria yang akrab disapa Aher ini. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,