Pemprov Jabar Dorong Digitalisasi Arsip Strategis

Pemprov Jabar Dorong Digitalisasi Arsip Strategis

Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendorong digitalisasi dan pengamanan arsip-arsip strategis sebagai sarana pembelajaran bagi generasi selanjutnya dan dapat terinformasikan terus kepada masyarakat.

Plt Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa, di Bandung, Kamis (6/8/2015), mengatakan keberadaan arsip harus diamankan terutama yang bersifat strategis seperti arsip perjanjian.

"Karena arsip-arsip yang ada ini memuat sejarah yang dapat diwariskan kepada anak cucu. Sehingga kami berupaya mengamankan seluruh arsip biasa menjadi arsip elektronik atau digital," ujar dia.

Menurut dia, dengan adanya arsip maka masyarakat bisa mendapatkan pembelajaran positif seperti mengubah sesuatu yang kurang baik menjadi baik lagi.

"Keberadaan arsip juga menjadi sebuah pertanggungjawaban pemerintah terkait program yang telah dijalankan. Dengan arsip maka kita dapat memperbaiki sesuatu yang kurang baik. Wahana belajar agar menjadi sebuah bangsa yang maju," katanya.

Oleh karena itu, kata Iwa, Pemprov Jawa Barat mendorong kepada pegawai untuk mahir melakukan digitalisasi arsip melalui pendidikan dan pelatihan.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi digitalisasi arsip kepada masyarakat dengan tujuannya agar masyarakat juga dapat melakukan pengamanan arsip secara baik.

"Kami juga morongan kepada penggiat dan pencipta arsip maupun komunitas untuk membantu pengamankan arsip serta menularkan pengamanan arsip kepada masyarakat," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,