Waduk Jatigede Mulai Dioperasikan Akhir Agustus 2015

Waduk Jatigede Mulai Dioperasikan Akhir Agustus 2015

Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Jakarta - Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat direncanakan akan mulai digenangi pada 31 Agustus 2015. Penggenangan tersebut sempat tertunda dari jadwal semula pada 1 Agustus 2015, karena proses ganti-rugi kepada masyarakat sekitar belum selesai.
 
"Untuk itu, kita akan rencanakan kembali penutupan pengalihan aliran Sungai Cimanuk," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadi Muljono, di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (6/8/2015).
 
Dikemukakan, pemerintah memang harus memberikan ganti-rugi kepada sebanyaki 10.924 kepala keluarga (KK),  yang berada di sekitar waduk. Jumlah kepala keluarga di waduk itu terdiri atas dua kategori. Pertama berjumlah 4.514 kepala keluarga yang akan diberikan ganti-rugi masing-masing Rp 122 juta. Sedangkan kategori kedua berjumlah 6.410 kepala keluarga yang akan diberikan ganti-rugi masing-masing Rp 29 juta. 
 
Kepala keluarga atau ahli waris kategori kedua mendapat ganti-rugi yang lebih kecil karena pernah mendapat ganti-rugi dari pemerintah di tahun-tahun sebelumnya. Ganti-rugi diberikan untuk mengganti lahan, bangunan, tanaman, dan situs yang ada di sekitar waduk.
 
Basuki menjelaskan, sampai hari ini yang telah menerima dana ganti-rugi itu sebanyak 6.606 kepala keluarga. Dalam sehari selesai proses ganti-rugi kepada sekitar 400 keluarga. Dengan catatan itu, Basuki optimistis proses ganti-rugi secara keseluruhan selesai sebelum 31 Agustus 2015.
 
"Kita memprediksi 20 hari lagi semuanya bisa selesai. Penggenangan dilakukan secara bertahap karena untuk menutup full (waduk) perlu waktu 219 hari," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:daerah,