Rombak Terusan Suez Mesir Gelontorkan Dana Rp 111 Triliun

Rombak Terusan Suez Mesir Gelontorkan Dana Rp 111 Triliun

Rombak Terusan Suez Mesir Gelontorkan Dana Rp 111 Triliun.

Kairo - Guna memperdalam jalur utama perairan sekaligus menyediakan jalur paralel untuk bisa dilalui kapal besar hingga sepanjang 35 kilometer, pemerintah Mesir berencana untuk merombak secara besar-besaran Terusan Suez,
 
Rencana itu mengemuka saat berlangsungnya upacara peresmian ekspansi Terusan Suez. Pihak pemerintah Mesir sendiri mengatakan, langkah tersebut merupakan kebanggaan nasional ke depannya, yang bertujuan untuk meningkatkan arus lalu lintas di Terusan Suez,.
 
Seperti diberitakan BBC, Kamis (6/8/2015) dengan melakukan ekspansi ini, pemerintah Mesir juga berharap pendapatan ekonomi bisa meningkat. Namun, banyak analis yang mempertanyakan proyeksi itu. Mereka melihat, volume perdagangan dunia belum begitu berkembang, sehingga ekspansi tersebut dinilai belum dibutuhkan.
 
Terusan Suez juga dianggap kalah bersaing dengan Terusan Panama, yang ekspansinya akan selesai pada tahun depan, sehingga mampu akan mendominasi lalu lintas di sepanjang rute Asia-Amerika Utara. "Tidak ada studi kelayakan yang dilakukan atau diketahui," kata Ahmed Kamaly, ekonom Universitas Amerika di Kairo.
 
Menurutnya kepada kantor berita Reuters, proyeksi Mesir terhadap Terusan Suez adalah sebuah "angan-angan" belaka. Ia pun menambahkan, alasan dilakukannya ekspansi itu  lebih berbau politik dibandingkan ekonomi, dengan menyatukan orang-orang di sekitar proyek nasional.
 
Sementara itu, banyak masyarakat Mesir yang juga mempertanyakan apakah pemerintah lebih baik menghabiskan uang untuk bidang kesejahteraan atau pembangunan infrastruktur lainnya. Proyek itu diperkirakan menelan biaya tidak kurang dari 8,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp 111 triliun. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,