Ketua DPRD, Nama Pasundan Perlu Kajian Mendalam

Ketua DPRD, Nama Pasundan Perlu Kajian Mendalam

Rakyat Jawa Barat yang berada di Jogjakarta tempo dulu mengadakan demontrasi menentang dibentuknya "Negara Pasundan" pada tanggal 16 Maret 1948.

Bandung- Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari menilai, usulan perubahan nama provinsi menjadi Pasundan oleh sejumlah tokoh masyarakat setempat perlu kajian mendalam dari berbagai pihak seperti sejarahwan, budayawan, dan akademisi.

"Kami memandang perubahan nama sebuah provinsi adalah hal yang besar dan itu tidak mudah. Jadi, harus dikaji lebih jauh dan lebih mendalam," katanya di Bandung, Jumat (7/8/2015).

Ia mengatakan, usulan tersebut juga pernah disampaikan kepada DPRD Jawa Barat sebelumnya yakni periode 2009-2014.

"Jadi, selain telah disampaikan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandy, teman-teman DPRD Jabar periode sebelumnya juga telah menerima usulan ini," kata dia.

Akan tetapi, lanjut dia, secara pribadi dirinya belum mengetahui secara rinci seperti apa usulan perubahan nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Pasunda tersebut.

"Saya pribadi kurang ingat detailnya seperti apa karena waktu itu saya masih jadi anggota. Tapi memang ada surat ke DPRD Jabar periode sebelumnya," kata dia.

Politisi perempuan dari Fraksi PDIP DPRD Jabar ini menuturkan kala itu sejumlah anggota dewan periode tersebut sudah melihat dan mengkaji usulan tersebut.

Lebih lanjut ia mengatakan usulan tersebut diprediksi tidak akan berpengaruh besar terhadap tatanan birokrasi di Pemprov Jawa Barat.

"Kalau ditanya apa dampaknya atau seperti apa ke depannya. Itu kan tergantunya bagaimana manusianya juga, tergantunya bagaimana kitanya juga," kata dia.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mempertanyakan urgensi dari perubahan nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Pasundan yang diusulkan oleh sejumlah tokoh masyarakat Jabar kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandy.

"Urgensinya apa dulu merubah nama demikian, kan harus dilihat siapa-siapa saja yang setuju dan yang tidak, harus ada referendum juga barangkali ada usulan yang jauh lebih baik dari pihak lain," kata Deddy Mizwar, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan pada dasarnya menyambut baik setiap usulan, ide atau gagasan dari pihak manapun termasuk usulan perubahan nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Pasundan namun hal tersebut harus dipelajari terlebih dahulu.(Ode)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,