Cilic dan Nishiori ke Perempat Final Washington Terbuka

Cilic dan Nishiori ke Perempat Final Washington Terbuka

Kei Nishikori

Washington - Juara bertahan AS Terbuka Marin Cilic dan runner up AS Terbuka 2014 Kei Nishikori melaju ke perempat final Washington Terbuka ATP dan WTA melalui kemenangan-kemenangan dua set langsung pada Jumat (7/8/2015) WIB.

Unggulan kedua asal Jepang Nishikori, petenis peringkat tertinggi di turnamen ini setelah Andy Murray asal Britania tersingkir pada pertandingan pembukaannya, tidak pernah menghadapi 'break point' saat menang 6-4, 6-4 atas petenis Argentina Leonardo Mayer, setelah bertanding selama 92 menit.

"Saya sangat percaya diri dan saya merasa benar-benar bagus," kata Nishikori.

Unggulan ketiga asal Kroasia Cilic, yang berpeluang bertemu dengan Nishikori pada semifinal, menaklukkan petenis AS peringkat 32 dunia Sam Querrey dengan skor 7-6 (7/2), 7-6 (7/3) pada ajang pemanasan turnamen lapangan keras AS Terbuka.

"Saya sangat percaya diri perihal permainan saya," kata Cilic. "Saya 30 persen lebih baik di momen ini dibanding tahun lalu." Unggulan keempat asal Prancis Richard Gasquet, yang sempat menembus semifinal Wimbledon, dikalahkan petenis urutan 37 dunia asal AS Jack Sock dengan skor 7-6 (7/4), 6-7 (5/7), 4-6 setelah bertanding selama dua jam 33 menit.

"Saya membutuhkan waktu untuk mendapatkan ritme," kata Sock. "Saya tahu jika saya tetap rapat dan terus bertarung, saya akan memiliki kesempatan." Unggulan teratas kategori putri Ekaterina Makarova dari Rusia juga mencapai delapan besar, menaklukkan petenis Britania Naomy Broady dengan skor 6-4, 7-6 (7/2). Selanjutnya ia akan bermain melawan unggulan keenam asal Romania Irina-Camelia Begu.

Nishikori, yang mengincar gelar ketiganya tahun ini setelah Memphis dan Barcelona, dan gelar kesepuluh sepanjang karirnya, menepis spekulasi di Jepang bahwa ia telah menjadi seorang ayah, dengan berkata, "Saya harap suatu hari kelak (saya akan menjadi seorang ayah), namun sekarang belum." Peringkat kelima Nishikori mematahkan serve Mayer untuk unggul 4-3 dan melakukan dua break lagi untuk memenangi set pertama dalam waktu 59 menit, kemudian kembali mematahkan serve lawannya pada satu game sebelum game terakhir pertandingan ini ketika petenis Amerika Selatan itu melepaskan pukulan voli yang mengenai net setelah menyelamatkan dua 'break point' lainnya.

"Ia mengembalikan bola dengan baik. Itulah mengapa saya hanya dapat mematahkan servenya sebanyak dua kali," kata Nishikori.

Petenis peringkat satu Asia berusia 25 tahun itu selanjutnya akan menghadapi Sam Groth asal Australia, yang melepaskan 20 ace saat menaklukkan unggulan ketujuh asal Spanyol Feliciano Lopez dengan skor 6-3, 6-4 dalam waktu 59 menit.

"Saya akan harus melakukan serve dengan baik, membuat ia merasa tidak nyaman. Saya akan herus menyerang net dan bergerak dengan baik," kata Groth. "Saya akan memainkan gaya saya. Tidak ada yang saya pertaruhkan." Nishikori belum pernah menghadapi Groth, yang peringkat terbaik sepanjang karirnya adalah 62 yang didapatnya pada pekan ini.

"Tidak pernah mudah untuk bermain melawan petenis dengan serve-serve keras," kata Nishikori. "Namun saya melakukan pengembalian dengan baik. Saya akan berkonsentrasi pada melakukan serve dengan baik dan berusaha untuk mengambil keuntungan dari peluang-peluang kecil saya." Cilic akan menghadapi petenis remaja Jerman Cilic mempertajam rekornya melawan Querrey menjadi 4-0, pertemuan mereka pada putaran ketiga Wimbledon 2012 menghadirkan tontonan menarik saat Cilic menang 17-15 di set kelima. Cilic melaju untuk unggul 6-1 pada masing-masing tiebreak untuk meraih kemenangan.

"Pada tiebreak-tiebreak, saya sangat fokus untuk melakukan semua pengembalian dan fokus untuk membuat dia memainkan stroke sebanyak mungkin," kata Cilic.

"Hasil-hasilnya keluar dengan dua tiebreak yang nyaman, namun jika satu atau dua hal berlangsung keliru, itu akan sangat ketat." Petenis yang memblokir jalan Cilic untuk menuju semifinal keduanya tahun ini adalah Alexander Zverev, yang menang 2-6, 6-2, 6-4 atas petenis Ukraina Alexandr Dolgopolov. Petenis Jerman 18 tahun itu menjadi petenis termuda yang mencapai perempat final Washington kategori putra, sejak Andy Roddick yang masih berusia 17 tahun pada 2000, dengan menyingkirkan juara Washington 2012.

Lawan berikutnya bagi Sock adalah kompatriotnya yang menghuni peringkat 55 dunia Steve Johnson, yang menyingkirkan unggulan keenam asal Bulgaria Grigor Dimitrov dengan skor 6-3, 1-6, 6-3. Ini merupakan pertama kalinya terjadi pertemuan antara petenis-petenis AS di perempat final sejak 2003.

'Pembunuh raksasa' asal Rusia Teymuraz Gabashville, yang mengalahkan Murray, tersingkir akibat kekalahan 5-7, 4-6 dari petenis Lithuania Ricardas Berankis, yang selanjutnya akan bertemu John Isner, unggulan kedelapan asal AS yang mengalahkan petenis Kanada Vasek Pospisil dengan skor 6-4, 7-6 (8/6). (AY)

.

Categories:Olahraga,
Tags:,