Sancaklar Camii, Masjid Bawah Tanah yang Bikin Penasaran

Sancaklar Camii, Masjid Bawah Tanah yang Bikin Penasaran

Sancaklar Camii, Masjid Bawah Tanah yang terletak di Distrik Buyukcekmece, Istanbul, Turki.

IstanbulDari kejauhan di tengah luasnya ladang gandum, masjid ini hanya tampak seperti menara batu yang menjulang tinggi. Dibangun di atas dataran tinggi yang terletak di Distrik Buyukcekmece, Istanbul, Turki Sancaklar Camii atau Masjid Sancaklar dikenal dengan sebutan masjid bawah tanah.
 
Untuk bisa sampai ke masjid itu, kita harus melangkah ke beberapa anak tangga. Kita pun bisa langsung mengambil air wudlu sebelum memasuki masjid. Tekstur bebatuan mendominasi bangunan sejak dari bagian atas tanah hingga pintu masuk masjid.
 
Dipilihnya bebatuan terinspirasi dari Gua Hira, tempat Nabi Muhammad Saw pertamakali mendapatkan wahyu dari Allah SWT. Bahkan, interior masjid pun masih dihiasi tekstur bebatuan. Kita tak akan mampu memendam kekaguman saat memasuki pemandangan yang tidak lazim ini. 
 
Di sana, tak ada satu pun pilar penyangga termasuk di ruang utama masjid, yang lebih menyerupai gedung pertunjukan yang luas. Perpaduan pencahayaan alami dan permainan lampu menjadikan suasana sangat nyaman. 
 
Sedangkan pada dinding di bagian depan atas, membentang kaca transparan yang dimasudkan agar cahaya matahari bisa leluasa masuk menyinari ruang utama. Dan di bagian tengah dan belakang menggunakan cahaya dari lampu.
 
Adapun bentuk mimbar berupa sejumlah anak tangga yang melingkar. Jauh berbeda dari konsep arsitektur masjid pada umumnya.Tidak heran, meski letak masjid seluas 700 meter persegi itu cukup jauh dari kawasan permukiman, setiap harinya senantiasa tetap ramai dikunjungi jamaah, terutama menjelang waktu salat.
 

Desain tempat ibadah ini dinobatkan sebagai Best Religious Building at The World Architecture Festival tahun 2013 itu, langsung menyita perhatian dunia. Masjid yang berdiri sejak 2 tahun lalu itu merupakan rancangan arsitek Turki, bernama Emre Arolat. (Jr.)**

.

Categories:Wisata,
Tags:wisata,

terkait

    Tidak ada artikel terkait