8 Orang Tewas, Topan Soudelor Bergeser ke Cina

8 Orang Tewas, Topan Soudelor Bergeser ke Cina

Ilustrasi Foto - Net

Fujian - Sejak Sabtu malam sapuan hebat Topan Soudelor bergeser dari Taiwan ke Tiongkok. Menurut laporan, topan tersebut menghantam Provinsi Fujian dan menyebabkan sebanyak delapan orang tewas.
 
Seperti dilaporkan kantor berita Reuters, Minggu (9/8/2015), topan juga mengakibatkan hujan deras dan banjir besar. Sementara, angin kencang yang bertiup mengakibatkan pohon-pohon bertumbangan yang menyebabkan longsor. 
 
Televisi menunjukkan mobil-mobil yang dibiarkan terpakir di jalan sudah mulai terendam air banjir. Sementara, beberapa pasukan terus berupaya menyeberang derasnya air banjir untuk mencari korban. 
 
Pemerintah daerah terpaksa mengungsikan lebih dari 163 ribu orang dari rumah mereka di Fujian. Sedangkan kantor berita Xinhua melaporkan aliran listrik ke lebih dari dua juta rumah terputus. 
 
Sementara itu, lebih dari 530 penerbangan dibatalkan. 190 layanan kereta cepat juga dihentikan sementara waktu. Selain di Provinsi Fujian, topan juga memporak-porandakan provinsi tetangga yakni Zhejiang dan Jiangxi. 
 
Sebelumnya, ketika topan itu melanda Taiwan, sebanyak enam orang tewas, termasuk seorang TKI. Saat ini, angin dan hujan sudah mulai reda di Taiwan. Meski begitu, Biro Pusat Cuaca memperingatkan, kondisi bisa saja tidak stabil saat kru mereka tengah membersihkan pohon-pohon yang tumbang, tanah liat dan puing yang berserakan di jalan. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:bencana,