PDAM Siap Pasok Air Bersih untuk Daerah Kekeringan

PDAM Siap Pasok Air Bersih untuk Daerah Kekeringan

Bandung - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Intan siap memasok air bersih untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat yang daerahnya dilanda kekeringan akibat musim kemarau di Kabupaten Garut.

"Karena setiap tahunnya selalu terjadi (kemarau), jadi kami sudah siapkan jauh-jauh hari, namun prosesnya tentu sesuai prosedur," kata Direktur PDAM Tirta Intan Doni Suryadi kepada wartawan, Senin (10/8/2015).

Ia menuturkan, pihaknya sudah siap membantu warga bukan pelanggan PDAM yang kesulitan mendapatkan air bersih di musim kemarau.

Namun, lanjut dia, pendistribusian air bersih harus memenuhi prosedur yaitu ada usulan atau permohonan bantuan air secara resmi melalui surat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut.

"Kami menunggu surat dari kecamatan yang ditujukan kepada bupati dan ditembuskan kepada kami, jika sudah ada perintah melalui BPBD, kami langsung terjunkan air ke lokasi," katanya.

Ia mengatakan, pendistribusian air bersih dilakukan dengan mengerahkan kendaraan khusus tangki air.

Setiap kemarau, kata dia, PDAM Tirta Intan berdasarkan permohonan BPBD biasa memaasok air bagi warga di Kecamatan Cibatu dan beberapa wilayah utara Garut lainnya.

"Selama ini tanki air yang kami miliki hanya mengirimkan air bagi para pelanggan yang airnya tidak mengalir akibat kekeringan," katanya.

Ia menambahkan, PDAM Tirta Intan memiliki tujuh armada tanki air bersih, empat diantaranya disiagakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih di lokasi krisis air.

Setiap armada, kata dia, mampu menyuplai air hingga empat kali ke lokasi jarak dekat atau kawasan perkotaan, sedangkan jarak jauh hanya satu kali.

Pihaknya memasok air bersih untuk kebutuhan makan dan minum warga, tidak untuk kebutuhan mandi dan kakus.

"Kita hanya menyuplai air bersih untuk kebutuhan makan dan minum," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,