Kuota Cabang Squash Sebanyak 88 Atlet

Bandung - PB PON XIX/2016 Jabar menetapkan kuota atlet cabang olahraga squash pada laga multievent itu sebanyak 88 atlet yang akan diseleksi pada babak pra kualifikasi 10-18 Oktober 2015.

"Berdasarkan kuota atlet untuk PON 2015 sebanyak 88 orang atlet putra dan putri. Mereka akan berebut tempat babak utama pada kualifikasi pertengahan Oktober nanti," kata pelatih squash Jabar Kusnadi Leo di Bandung, Senin (10/8/2015).

Menurut dia babak kualifikasi rencananya diikuti oleh 11 Pengda PSI di Indonesia yang akan berebut tempat pada nomor individu, beregu, ganda dan campuran.

Sedangkan Jabar sebagai tuan rumah otomatis meloloskan para atletnya tanpa babak kualifikasi. Namun demikian Jabar menurut dia tidak akan lengah dan akan memantau kekuatan lawan secara maksimal.

Jabar yang juga akan turun pada babak kualifikasi meski tidak berpengaruh pada kelolosan atlet telah membentuk tim Pelatda PON XIX/2016 yang terdiri dari enam atlet putra dan lima putri yang didampingi oleh empat pelatih.

Dari 11 atlet yang masuk kedalam tim Pelatda squah Jabar, tiga diantaranya merupakan peraih medali perak dan perunggu pada SEA Games di Singapura lalu Sandi Arisma, Ade Furqon dan Yeni Siti Rohmah.

Kendati otomatis Jabar sudah lolos ke PON nanti Namun, Kusnadi mengaku tetap akan menurunkan para atletnya pada babak kualifikasi nanti. Hal tersebut dilakukan selain untuk mengasah kemampuan atlet, juga untuk melihat peta kekuatan lawan.

Dia mengatakan proses seleksi untuk tim inti Pelatda ini sudah dilakukan sejak akhir tahun kemarin, dimulai dari seleksi tahap pertama hingga tahap ketiga yang merupakan seleksi akhir untuk menjaring atlet.

"Sebagian besar masih atlet eks PON XVIII/2012 Riau, mereka masih stabil, beberapa diantaranya ada atlet yang baru naik level senior," katanya.

Menurut dia DKI Jakarta dan Jawa Timur masih menjadi lawan kuat Jawa Barat dalam perebutan medali. Target squash Jabar di PON nanti yang telah ditetapkan oleh KONI Jabar adalah tiga medali emas.

"Pada PON 2012 Riau Jabar meraih dua medali emas, dan tahun depan kita targetkan bisa meraih minimal tiga emas, dan bagian putra peluangnya cukup besar," kata Kusnadi Leo menambahkan. (AY)

.

Categories:Olahraga,
Tags:,