FIBA Cabut Hukuman Terhadap Rusia

FIBA Cabut Hukuman Terhadap Rusia

Moskow  - Badan bola basket dunia FIBA telah mencabut hukuman terhadap tim-tim nasional Rusia sehingga mereka kembali dapat mengikuti kompetisi-kompetisi, demikian dilaporkan media lokal.

FIBA pada bulan lalu menskors tim-tim nasional Rusia dari semua kompetisi karena pertikaian hukum antara ketua federasi bola basket Rusia (RBF) dan mantan presidennya.

Wakil menteri olahraga Rusia Pavel Kolobkov mengatakan bahwa badan bola basket internasional itu telah mencabut larangan kepada tim-tim untuk berkompetisi, namun meninggalkan skors temporer kepada federasi Rusia.

"Tim-tim negara ini telah mendapat izin untuk bermain di semua kompetisi FIBA. Namun skors terhadap ofisial-ofisial federasi bola basket Rusia tetap diterapkan," kata Kolobkov kepada kantor berita R-Sport.

Keputusan FIBA membuat timnas putra Rusia berhak untuk bermain pada Kejuaraan Eropa yang berlangsung pada September, di mana mereka juga akan bertarung untuk memperebutkan tempat pada Olimpiade Musim Panas tahun depan di Rio de Janeiro.

FIBA mengatakan pada Juli bahwa pihaknya melarang tim-tim Rusia bermain di kompetisi mereka dan menskors Federasi Bola Basket Rusia (RBF) ketika masalah hukum internal mencegah badan pemerintah negeri itu untuk "tetap menguasai penuh" olahraga tersebut.

Dalam upayanya agar hukuman terhadap timnas dicabut, Menteri Olahraga Rusia Vitaly Mutko berjanji untuk menemukan solusi untuk situasi internal pada bola basket Rusia.

"Pada 25 Agustus, kami akan mengadakan konferensi RBF dan pemilihan ketua badan pemerintahan dan dewan eksekutif yang baru," kata Mutko.

"Kami akan mengupayakan keputusan yang akan sesuai dengan permintaan-permintaan FIBA. Setelah itu, kami akan meminta FIBA untuk mencabut sanksi-sanksi terhadap federasi bola basket negara ini." (AY)

.

Categories:Olahraga,
Tags:,