Empat Menteri Ekonomi Harus Bawa Perubahan Mendasar

Empat Menteri Ekonomi Harus Bawa Perubahan Mendasar

Jakarta - Empat menteri hasil perombakan kabinet yang bergabung dalam tim ekonomi Kabinet Kerja diminta untuk membuat perubahan yang mendasar agar pondasi perekonomian makin kuat merespon kondisi perekonomian global.

"Selama ini sebetulnya masalah ekonomi riil tidak disentuh dengan kebijakan riil. Kita hanya menunggu keajaiban dari naik turunnya statistik fiskal dan moneter yang semuanya itu sudah hilang semua otoritasnya dari tangan pemerintah," kata Ketua Asosiasi Kader Sosio Ekonomi Strategis (Akses) Suroto di Jakarta, Kamis (13/8/2015).

Oleh karena itu, kata dia, kebijakan di sektor mikro harus pula mendapatkan perhatian yang sama seriusnya dengan sektor makro.

Menurut dia, keduanya harus dibangun selaras dan berimbang di atas pondasi kebijakan ekonomi yang kuat.

Keempat menteri ekonomi yang baru saja dilantik itu yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil.

Ia juga berharap reshuffle kabinet yang dilakukan pemerintah Jokowi-JK jangan hanya akan menciptakan kegaduhan dan kinerja ekonomi yang tidak beda jauh.

Ia berpendapat, jika tak ada perubahan mendasar dalam hal kebijakan maka preferensi pasar tak akan berbeda jauh sebab susunan kabinet di bidang ekonomi tidak banyak mengalami perubahan.

Menurut dia, mestinya pemerintah menunjukkan visi pembaharuan yang kuat, bukan hanya ditujukan untuk merespon kepentingan jangka pendek terutama masalah ekonomi yang sedang lesu saat ini.

"Saya sampai sekarang heran, kenapa setiap pergantian kabinet tidak disertakan rencana perubahan yang diinginkan. Kenapa masalah pokok ekonomi rakyat yang fundamental tidak pernah disentuh? Kecuali hanya pidato motivasi dan kocok ulang akomodir kepentingan politik". (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:,