450 Pelajar SD di Jabar Ikuti Oltrad 2015

450 Pelajar SD di Jabar Ikuti Oltrad 2015

Bandung - Sebanyak 450 pelajar SD dari 22 kabupaten/kota di Jabar mengikuti Invitasi Olahraga Tradisional (Oltrad) 2015 yang dipusatkan di Kompleks Padjadjaran Sport Center Kota Bandung, 13-14 Agustus 2015.

"Kegiatan Oltrad ini rutin digelar setiap tahun, dan diharapkan mereka juga peduli dan melestarikan olahraga tradisional yang tumbuh dan berkembang di masyarakat," kata Kepala Bidang Keolahragaan Dinas Olahraga dan Pemuda Jabar Nandang Saptari di Bandung, Kamis (13/8/2015).

Meski tidak ada dukungan akomodasi dan konsumsi seperti tahun berikutnya, namun pihaknya mengapresiasi kepada kontingen kabupaten/kota yang cukup antusias mengirimkan perwakilannya ke invitasi itu.

Pada kegiatan kali ini, sebanyak empat cabang olahraga tradisional dipertandingkan. Yakni enggrang, tarumpah panjang, hadang, dan dagongan.

"Untuk setiap juara di masing-masing nomor, kita siapkan hadiah berupa piala, piagam penghargaan, dan uang pembinaan. Total uang pembinaan yang diberikan mencapai Rp57 juta," kata Nandang.

Sementara itu Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Jabar, Yudha M Saputra menyebutkan, kegiatan invitasi Oltrad itu dilakukan setiap tahun dan para juara pada ajang itu akan diikutkan pada invitasi tingkat nasional yang akan digelar di Bali pada akhir 2015.

"Para juara dari kegiatan ini akan dikirim ke invitasi oltrad yang akan digelar di Bali. Namun waktunya masih menunggu keputusan lebih lanjut," kata Yudha.

Sebelum diberangkatkan ke invitasi olahraga tradisional tingkat nasional, para juara di tingkat Jabar ini akan dibina di daerah masing-masing dengan konsep desentralisasi.

Pihaknya akan melakukan pemantauan langsung dari proses pembinaan yang dilakukan daerah kota/kabupaten asal atlet olahraga tradisional tersebut.

"Tapi tidak secara otomatis yang sudah masuk desentralisasi tersebut akan kita berangkatkan ke Bali. Kita akan siapkan atlet terbaik," katanya menambahkan. (AY)

.

Categories:Pendidikan,
Tags:,