Jembatan Bailey Ambles, Jalan Raya Cisurupan Terputus

Jembatan Bailey Ambles, Jalan Raya Cisurupan Terputus

Bandung - Jembatan bailey di Jalan Raya Cisurupan menghubungkan Garut Kota dengan wilayah selatan Kabupaten Garut. ambles menyebabkan arus kendaraan di jalur itu terganggu, Kamis (13/8/2015).

Komandan Koramil Cisurupan Kapt Inf Ajudin yang memantau langsung kondisi jembatan tersebut mengatakan jembatan bailey di jalan raya perbatasan Bayongbong-Cisurupan itu tiba-tiba ambles dan miring setelah dilewati kendaraan besar, sekitar pukul 11.00 WIB.

"Kondisi jembatan sementara itu sedang dalam perbaikan, kemudian anjlok dan miring sesaat setelah dilewati kendaraan besar," katanya.

Ia mengatakan, akibat rusaknya jembatan bailey itu kendaraan besar seperti truk angkutan barang, elpiji maupun bahan bakar minyak tidak dapat melewati jalur tersebut.

Sedangkan jalur alternatif lainnya, kata dia, kondisinya sempit dan berkelok sehingga tidak layak untuk dilewati oleh kendaraan besar.

"Ada jalan alternatif ke Cigedug tetapi jalannya sangat sempit dan berkelok-kelok," kata Ajudin.

Kondisi jembatan tersebut, kata dia, masih dapat dilalui kendaraan kecil dengan cara bergantian atau tidak dapat bersamaan karena khawatir membahayakan pengendara.

"Hal ini untuk mencegah jembatan itu anjlok lebih dalam," katanya.

Akibat jembatan ambles itu, arus lalu lintas kendaraan dari arah Garut Kota menuju selatan Garut maupun sebaliknya macet.

Seorang penumpang angkutan umum, Astin mengaku cukup lama terjebak macet, kemudian sopir menghindari kemacetan dengan menggunakan jalur alternatif Cigedug.

"Ya macet, tadi mobil lewat jalan Cigedug," kata Astin yang hendak pulang ke Kecamatan Cisompet wilayah selatan Garut. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,