2 Guru JIS Bebas dari LP Cipinang Setelah Menang Banding

2 Guru JIS Bebas dari LP Cipinang Setelah Menang Banding

Neil Bantleman Mencium istrinya saat sidang beberapa waktu lalu

Jakarta - Dua guru Jakarta Interntional School (JIS), Neil Bantleman dan Ferdinand Tjiong pada Senin lalu bebas dari dekaman LP Cipinang, menyusul Pengadilan Tinggi Jakarta memutuskan untuk membebaskan. Putusan bebas itu setelah Pengadilan Tinggi membatalkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan no. 1236/PID/sus/2014/PN.Jkt.Sel tanggal 2 Apri 2015. 

Putusan Banding tersebut dipimpin oleh Hakim Pengadilan Tinggi Silvester Djuma sebagai Hakim Ketua Majelis, dan Moch Djoko, Sutoto Hadi masing-masing sebagai Hakim Anggota. Kuasa hukum Neil Bantleman dan Ferdinant Tjiong (guru JIS), Hotman Paris Hutapea mengatakan, keputusan bebas itu setelah pihaknya mengajukan banding terhadap putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan ke Pengadilan Tinggi Jakarta. 

Menurut Hotman, isi putusan Pengadilan Tinggi Jakarta yang membatalkan putusan pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Putusan itu menyatakan, terdakwa tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana seperti yang didakwakan oleh jaksa. "Kedua, memulihkan harkat dan martabat terdakwa. Kemudian memerintahkan terdakwa dibebaskan dari tahanan," kata Hotman.

Hotman pun segera  mengambil berkas ke Pengadilan Jakarta Selatan selanjutnya menuju LP Cipinang, Jakarta Timur untuk mendampingi kedua kliennya bebas dari penjara.

Sementara itu, Humas PN Jakarta Selatan, Made Sutrisna membenarkan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan telah menerima salinan putusan yang memutuskan dua guru JIS bebas dari PT Jakarta. "Betul putusannya bebas, berkas sudah ada di PN," kata Made Sutrisna.
 
Seperti diberitakan sebelumnya, dua guru JIS yakni Neil Bantleman dan Ferdinand Tjiong divonis hukuman 10 tahun penjara dan denda Rp 100 Juta. Mereka dihukum karena diduga melakukan pelecehan seksual kepada anak didiknya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,