Kurangi Makanan Berlemak untuk 'Turunkan' Berat Badan

Kurangi Makanan Berlemak untuk 'Turunkan' Berat Badan

Mengurangi lemak lebih efektif untuk menurunkan berat badan, jika dibandingkan dengan memangkas asupan karbohidrat, kata para peneliti di Amerika Serikat.
 
Kesimpulan ini berbeda dengan kajian sebelumnya yang menyatakan bahwa salah satu cara terbaik menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi konsumsi karbohidrat.
 
Argumentasi yang diajukan adalah dengan mengurangi karbohidrat maka tingkat insulin menjadi lebih rendah, yang pada gilirannya akan melepas lemak yang tersimpan di tubuh kita.
 
"Itu benar, tapi prosesnya akan lebih cepat jika kita mengurangi lemak dalam makanan kita," kata Dr Kevin Hall, salah satu peneliti yang melakukan kajian ini.
 
Hall dan timnya mendasarkan kesimpulan ini setelah meneliti 19 orang yang mengalami kelebihan berat badan.
 
Mereka diberi 2.700 kalori per hari dan selama dua pekan asupan makanan mereka dikurangi sepertiga, baik dengan memangkas jumlah karbohidrat maupun lemak.
 
Setelah enam hari, terungkap bahwa mereka yang mengurangi lemak bisa menghilangkan lemak di tubuh mereka sebanyak 463 gram, sementara yang mengurangi karbohidrat hanya bisa menghilangkan lemak sebanyak 245 gram.
 
Tapi dalam praktik sehari-hari, di mana kandungan makanan yang kita konsumsi lebih sulit untuk dikontrol, orang mungkin lebih mudah mengurangi berat badan dengan menurunkan asupan karbohidrat.(Ode)**
 
"Jika itu yang lebih mudah untuk dilakukan, ya mungkin cara itu lebih efektif untuk mengurangi berat badan," kata Dr Hall.(Ode)**
.

Categories:Gaya hidup,
Tags:,