Pembukaan Turnamen Piala Kemerdekaan Berlangsung Meriah

Pembukaan Turnamen Piala Kemerdekaan Berlangsung Meriah

Serang - Acara pembukaan turnamen Piala Kemerdekaan 2015 di Stadion Maulana Yusuf, Serang, Banten, Sabtu(15/8/2015), berlangsung meriah karena dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Presiden memasuki stadion tersebut sekitar pukul 19.00 WIB.

Presiden Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi, Menpora Imam Nahrawi beserta ibu Shobibah Rohmah, Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti, Gubernur Banten Rano Karno, dan Ketua DPRD Provinsi Banten Asep Rahmatullah.

Setelah bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Presiden, seluruh tamu undangan, para pemain dan penonton dihibur dengan penampilan drum band dari Sangka Panorama TNI AD.

Gubernur Banten Rano Karno, dalam sambutannya, berharap turnamen Piala Kemerdekaan bisa menjadi cikal bakal bagi atlet muda Indonesia untuk mencapai tataran prestasi yang lebih tinggi di bidang sepak bola.

"Acara ini merupakan simbol kesuksesan dari salah satu cabang olahraga yang sangat kita banggakan, semua pihak mengapresiasi penyelenggaraan turnamen ini," tutur mantan aktor pemeran utama seri "Si Doel Anak Sekolahan" itu.

Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi menganggap turnamen yang diinisiasi oleh Tim Transisi itu merupakan komitmen pemerintah untuk terus menggulirkan pertandingan sepak bola di tengah konflik yang masih melanda persepakbolaan nasional dan sanksi FIFA yang dijatuhkan atas Indonesia.

"Kehadiran Presiden merupakan bukti komitmen kuat pemerintah untuk membenahi tata kelola sepak bola nasional. Kami akan bekerja keras agar prestasi sepak bola Indonesia menjadi semakin baik. Semoga turnamen ini dapat menghidupkan kembali gairah sepak bola nasional," tuturnya.

Setelah kedua sambutan tersebut, Presiden Jokowi dengan resmi membuka turnamen yang akan berlangsung pada 15 Agustus-7 September 2015 itu.

"Dengan ridho Allah dan mengucap bismillah, dengan ini turnamen Piala Kemerdekaan resmi dimulai. Selamat bertanding dan junjung tinggi sportivitas," kata Presiden.

Presiden Jokowi didampingi Menpora dan Gubernur Banten kemudian menuju ke tengah lapangan untuk melakukan "kick off" sebelum pertandingan dimulai.

Laga pembukaan tersebut mempertandingkan Perserang Serang dengan Persidago Gorontalo yang tergabung dalam grup B.

Tampak suporter Perserang mendominasi tribun timur stadion. Dengan lantang mereka meneriakkan yel-yel dan bernyanyi untuk mendukung klub kebanggaan mereka.

Sementara itu, sisi utara, barat, dan selatan stadion juga dipadati oleh masyarakat setempat yang tidak kalah antusias menyaksikan pertandingan tersebut.

Piala Kemerdekaan yang diikuti oleh 24 klub Divisi Utama itu akan digelar di enam kota di Indonesia yaitu Solo, Medan, Serang, Madiun, Bantul dan Cilegon.

Turnamen yang memiliki total 67 pertandingan itu terbagi dalam empat grup yakni Grup A di Medan, Grup B di Serang dan Cilegon, Grup C di Solo dan Bantul dan Grup D di Madiun. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,