Lorenzo Start Terdepan di Brno

Lorenzo Start Terdepan di Brno

Brno - Pebalap Yamaha asal Spanyol Jorge Lorenzo akan start dari posisi terdepan untuk MotoGP Republik Ceko pada Minggu di Brno, setelah menorehkan rekor baru sirkuit pada sesi kualifikasi Sabtu.

Juara bertahan Marc Marquez, yang membela Honda, dan pemuncak klasemen Valentino Rossi, rekan setim Rossi di Yamaha, akan mengisi tempat-tempat tersisa di baris terdepan.

Lorenzo (28), juara 2010 dan 2012, mencatatkan waktu 1 menit 54,989 detik pada sirkuit dengan panjang 5,4 kilomeer itu di kota selatan Ceko, melampaui rekor pada sesi latihan Sabtu pagi (15/8/2015).

Pebalap Spanyol lainnya Marquez, juara 2013 dan 2014, hanya terpaut 0,074 detik di belakang Lorenzo, sedangkan bintang Italia Rossi tertinggal 0,364 detik dari Lorenzo.

Rossi memimpin di klasemen keseluruhan dengan 195 angka setelah menyelesaikan sepuluh dari 18 balap MotoGP, unggul atas Lorenzo yang baru mengumpulkan 186 angka dan Marquez dengan 139 angka.

"Sebelum kualifikasi saya berpikir catatan waktunya yang serupa dengan catatan waktu lain yang saya torehkan pada pagi hari sudah cukup untuk mengisi posisi start terdepan, namun saya keliru," kata Lorenzo, pebalap non Honda terakhir yang meraih kemenangan di Brno pada 2010.

"Saya sedikit berkembang pada sektor pengereman, saya sedikit berkembang pada bukaan gas," tambah Lorenzo, yang start untuk posisi terdepan untuk kedua kalinya pada musim ini.

Marquez, yang menang di Brno pada 2013, mengatakan dirinya dapat melihat Lorenzo lebih cepat dari dirinya sepanjang sesi kualifikasi.

"Semuanya telah saya pahami, ok, hari ini posisi start terdepan akan sulit," kata pebalap 22 tahun itu, yang memenangi dua balap MotoGP terakhir.

"Kami harus gembira karena kemarin kami begitu jauh...dan hari ini kami semakin dekat dan dekat, mungkin tidak cukup dekat, namun untuk jarak balap saya merasa gembira." Rossi, juara dunia sembilan kali dengan memperhitungkan semua kategori, mengatakan kualifikasi untuk posisi depan "sangat, sangat penting" setelah serangkaian penampilan kurang meyakinkan di kualifikasi.

"Jorge dan Marc sangat cepat dari awal dan jika Anda memulainya di belakang, mustahil untuk dapat menempel mereka," kata legenda berusia 36 tahun itu, yang telah memenangi lima balap strata tertinggi di Brno, yang terakhir pada 2009.

"Saya sangat gembira dengan hasil ini, juga karena kami bekerja sangat baik dengan tim dan sejak pagi hari ini kami telah menemukan jalan yang bagus, namun pada sore ini kami mengembangkan setting mesin." "Sangat penting untuk start dari baris terdepan karena ini akan menjadi balap yang sangat, sangat sulit," tambah Rossi, yang sejauh ini selalu naik podium di semua balap musim ini.

Dua pebalap Italia yang membela Ducati Andrea Iannone dan Andrea Dovisioso menghuni posisi start keempat dan keenam, sedangkan pebalap Yamaha asal Britania, Bradley Smith, diapit oleh keduanya.

Pemenang Brno tahun lalu Dani Pedrosa, yang merupakan rekan setim dan kompatriot Marquez, hanya mampu menghuni posisi start kesembilan setelah terjatuh pada latihan Jumat.

Cuaca mungkin akan menjadi pertimbangan tersendiri pada Minggu, ketika ramalan-ramalan cuaca memprediksi datangnya badai menyusul gelombang panas yang membuat suhu trek mencapai 50 derajat celcius pada Jumat.

Pada Moto3, pebalap Italia Niccolo Antonelli yang mengendarai Honda mendapatkan posisi start terdepan untuk pertama kalinya di musim ini, dengan mengungguli dua pebalap Honda lainnya, pemuncak klasemen Danny Kent asal Britania dan Jorge Navarro dari Spanyol. (AY)

.

Categories:Otomotif,
Tags:,