Dortmund Hancurkan Gladbach 4-0

Dortmund Hancurkan Gladbach 4-0

Berlin  - Borussia Dortmund mengirimkan pesan tegas kepada juara bertahan Bayern Munich pada Sabtu (15/8/2015) dengan meraih kemenangan 4-0 atas Borussia Moenchengladbach pada akhir pekan pembukaan musim baru Liga Jerman. 

Setelah Jurgen Klopp mengundurkan diri musim lalu, pelatih baru Dortmund Thomas Tuchel memulai masa kerjanya dengan penampilan meyakinkan, di mana pemain sayap kiri Henrikh Mkhitaryan mencetak dua gol, dan Marco Reus serta Pierre-Emerick Aubameyang juga mencatatkan diri dalam daftar pencetak gol.

Bayern memulai tugas mereka untuk meraih gelar keempat secara beruntun, ketika mereka menghancurkan tamunya Hamburg dengan skor 5-0 pada Jumat.

Namun juara Jerman 2012 mengindikasikan bahwa pasukan Pep Guardiola tidak akan melenggang mudah pada musim ini dengan menaklukkan Gladbach, yang finis di peringkat ketiga musim lalu.

"Kekalahan ini sangat layak diterima. Dortmund memang lebih baik," aku pelatih Lucien Favre.

"Temponya terlalu tinggi untuk kami, saya harus katakan hal itu. Kami tidak dapat mengendalikan permainan."

Dortmund membuka keunggulan pada menit ke-15 ketika pemain sayap Jerman Reus menyambar operan Shinji Kagawa, sedangkan Aubameyang menambahi gol kedua mereka ketika ia menanduk umpan silang Marcel Schmelzer enam menit kemudian.

Untuk menambah kegembiraan pendukung tuan rumah yang mencapai 81.359 penonton, Dortmund mengubah skor menjadi 3-0 pada turun minum ketika Mkhitaryan mengemas gol pada menit ke-33, setelah Aubameyang menghancurkan pertahanan Gladbach.

Pemain internasional Armenia itu menambahi gol keempat Dortmund dan gol keduanya pada menit ke-50, ketika ia memaksimalkan operan terakhir Reus di mana Aubameyang juga menanti untuk mencetak gol.

Keunggulan mereka dapat menjadi lima gol ketika Kagawa, yang tampil gemilang sebagai gelandang serang, melepaskan tembakannya melebar dari gawang beberapa saat kemudian.

Dortmund juga memenangi dua pertandingan Liga Europa mereka, dan pertandingan Piala Jerman, musim ini dengan mencetak 12 gol tanpa balas.

"Kami telah memenangi keempat pertandingan kami sejauh ini pada musim ini tanpa kemasukan. Kami bermain sangat baik sampai sekarang namun pujian besar apapun masih terlalu dini," kata kapten Dortmund Mats Hummels.

Leverkusen

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Bayer Leverkusen melakukan pemanasan untuk pertandingan playoff Liga Champions mereka di kandang Lazio pada Selasa melalui kemenangan 2-1 atas Hoffenheim.

Leverkusen akan bermain di kandang Lazio pada Selasa, di mana pertandingan kedua akan dimainkan pada 26 Agustus, untuk memperebutkan satu tempat di fase grup Liga Champions, dan pemain 19 tahun Julian Brandt masuk sebagai pemain pengganti untuk mencetak gol penentu kemenangan mereka atas Hoffenheim.

Tim promosi Ingolstadt merayakan debut mereka di kompetisi strata tertinggi Jerman dengan kemenangan 1-0 di markas Mainz, ketika pemain internasional Austria Lukas Hinterseer mencetak gol kemenangan mereka pada babak kedua.

Tim promosi lainnya Darmstadt mengakhiri pertandingan perdana mereka di Liga Jerman dalam rentang waktu 33 tahun dengan hasil imbang 2-2 dengan Hannover pada pertandingan yang berlangsung sengit.

Schalke mendulang kemenangan perdana mereka di bawah pelatih baru Andre Breitenreiter melalui kemenangan 3-0 di markas Werder Bremen.

Tuan rumah kemasukan gol bunuh diri ketika bek asal Ceko Theodor Gebre Selassie menaklukkan penyerang Schalke Klaas-Jan Huntelaar untuk mendapatkan bola, namun bola sapuannya justru melambung melewati kiper Felix Wiedwald, dan masuk ke gawangnya sendiri.

Penyerang Kamerun Eric Choupo-Moting mengonversi operan dari rekan setimnya di timnas Joel Matip pada menit ke-68, sebelum Huntelaar menuntaskan serangan balik pada menit ke-85 yang dibangun oleh pemain pengganti berusia 19 tahun Leroy Sane, yang baru masuk lapangan.

Sementara itu, penyerang asal Paraguay Raul Bobadilla meneken perpanjangan kontrak di Augsburg sampai 2018, namun ia diusir keluar lapangan saat pertandingan baru berlangsung 45 menit di musim baru Liga Jerman pada Sabtu, ketika timnya kalah 0-1 dari Hertha Berlin.

Runner up musim lalu Wolfsburg akan menjamu Eintracht Frankfurt pada Minggu, sedangkan Stuttgart akan menjamu Cologne. Demikian laporan AFP.(Ode)**
.

Categories:Sepak bola,
Tags:,